Sepeda motor

Harga Honda CRF 150 Bekas di 2024, Siap Trabas!

Harga Honda CRF 150 bekas adalah topik yang menarik bagi para pencinta motor trail di Indonesia.

Meski banyak yang mengidamkan motor baru, tapi harga yang terbilang cukup mahal seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang.

Oleh karena itu, alternatif membeli motor bekas bisa menjadi pilihan yang lebih hemat.

Di artikel ini, kita akan membahas mengenai harga Honda CRF 150 bekas di tahun 2024.

Mari kita simak informasinya lebih lanjut.

Ilustrasi Harga Honda CRF 150 Bekas

Ilustrasi Honda CRF150L Bekas (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Harga Honda CRF 150 bekas di awal tahun 2024 ini terpantau mulai dari 20 jutaan Rupiah dan tentu akan tergantung kondisi dan tahun pembuatan.

Sebagai informasi, Honda CRF150L yang dipasarkan PT Astra Honda Motor (AHM) pertama kali mengaspal tahun 2017 silam.

Walau begitu nama CRF sendiri sudah cukup lama dikenal sebagai lini motor petualang Honda. 

Di Tanah Air, Honda CRF150L bisa dibilang sebagai motor petualang Honda dengan mesin paling kecil. Karena selain itu Honda juga memasarkan CRF250RALLY dan CRF1100L Africa Twin yang masuk golongan Big Bike.

Hadir sebagai motor trail, penampilannya sarat akan aura petualang. Konsumen yang disasar adalah mereka yang ingin coba berkenalan dengan dunia garuk tanah.

Menariknya, dalam proses perancangan motor ini Honda tidak sepenuhnya fokus pada penggunaan off road. Tapi juga membuatnya layak dikendarai di jalan aspal.

Honda menyebutnya dengan istilah on dan off road. Karena alasan itu motor ini berstatus road legal.

Jadi berbeda dengan CRF150R atau CRF150F yang dipasarkan di luar negeri dan khusus untuk penggunaan off road.

Walau sampai saat ini Honda CRF150L masih dijual dalam kondisi baru, tapi membeli unit bekas tetap bisa jadi pilihan.

Harganya sudah pasti lebih ramah di kantong. Apalagi bagi mereka yang berencana menyiksa motor ini di lintasan off road.

Honda CRF150L Red-700

Honda CRF150L bekas tak selalu bisa ditemui di showroom. (Foto: AHM)

Harga Honda CRF 150 Bekas

Mencari Honda CRF150L bekas bisa dibilang gampang-gampang susah.

Mesti diakui populasi motor ini tak sebanyak Honda BeAT atau Honda Vario. Jadi penampakannya di showroom motor bekas tak selalu bisa ditemui.

Jalan lainnya adalah mencari secara online. Di halaman jual beli motor Carmudi sendiri bisa ditemui beberapa unit Honda CRF150L bekas tengah ditawarkan.

Beberapa di antaranya masih dalam kondisi standar. Sedangkan ada juga yang sudah mendapat sentuhan modifikasi.

Hal ini juga akan menjadikan harga jualnya berbeda. Modifikasi yang dilakukan dengan apik apalagi menggunakan komponen aftermarket bermerek otomatis membuat angkanya menjadi lebih tinggi.

Dari informasi yang dihimpun, berikut kisaran harga Honda CRF 150 bekas:

  • Honda CRF150L 2017-2018: Rp24 jutaan – Rp26 jutaan
  • Honda CRF150L 2018-2019: Rp26 jutaan – Rp28 jutaan
  • Honda CRF150L 2019-2020: Rp28 jutaan – Rp30 jutaan
  • Honda CRF150L 2020-2023: di atas Rp30 jutaan

Sebagai perbandingan, pada Januari 2024 unit baru motor ini dijual dengan harga Rp36.705.000. Angka tersebut mengacu pada harga yang tertera di website resmi AHM.

Statusnya adalah harga on the road untuk daerah DKI Jakarta dan sewaktu-waktu dapat berubah.

Dari hasil penelusuran, beberapa penjual Honda CRF150L bekas berani memasang harga lebih tinggi di atas pasaran. Bahkan ada yang menawarkannya seharga unit baru.

Seperti sudah disinggung, hal ini biasanya dikarenakan banyak komponen aftermarket yang menempel.

Harga Honda CRF 150 Bekas

Motor trail Honda ini punya fitur yang berani diadu di kelasnya. (Foto: AHM)

Spesifikasi dan Fitur

Membeli motor bekas tak bisa hanya berdasarkan harga. Spesifikasi juga perlu dipahami.

Seperti kebanyakan motor trail kelas 150 cc di Indonesia, Honda CRF150L menggendong mesin 1 silinder dengan kapasitas 149,1 cc.

Mesin SOHC (Single Overhead Camshaft) tersebut mampu menggodog tenaga hingga 12,9 Ps dan torsi puncak 12,4 Nm.

Tenaganya sendiri bisa dieksplorasi lewat transmisi 5 kecepatan yang dimilikinya.

Bagaimana dengan performanya? Motor ini memiliki mesin dengan karakter square. Kata lainnya diameter dan langkah nyaris satu ukuran, yaitu 57.3 mm x 57.8 mm.

Hal ini semestinya membuat tenaga yang dihasilkan merata dari putaran bawah hingga atas.

Pada sistem bahan bakar, Honda CRF150L sudah menggunakan injeksi.

Kemudian fiturnya bisa dibilang cukup mumpuni untuk sebuah motor trail. Pertama dilihat dari ban yang digunakan.

Ukurannya ideal dengan ring 18 di belakang dan 21 di depan. Sedangkan velg-nya menggunakan bahan aluminium.

Kemudian motor ini juga dilengkapi suspensi depan inverted dengan panjang travel 225 mm. Sedangkan untuk diameter tabungnya 37 mm. Honda mengklaim ukuran suspensi ini adalah yang terbesar di kelasnya.

Tak kalah menarik adalah spakbor belakang yang digunakan. Honda mendesainnya agar bisa dilepas dan dipasang dengan mudah.

Dalam kondisi terlepas, lampu belakang dan sein masih terpasang. Dan masih ada sisa sedikit spaktor menempel.

Honda CRF 150 Bekas Adventure

Salah satu keunggulan Honda CRF150L adalah penggunaan suspensi depan inverted. (Foto: AHM)

Keunggulan dan Kekurangan Honda CRF150L

Sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan, ketahui juga kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Honda CRF150L.

Seperti diketahui, motor ini bukanlah pilihan satu-satunya di segmen motor trail 150 cc. Rival terdekatnya antara lain Kawasaki KLX150 BF.

Dibanding produk dari Kawasaki ini, Honda CRF150L memiliki keunggulan dalam hal harga yang lebih murah. Begitu juga jika dibandingkan dengan wakil dari Yamaha, yaitu WR 155 R.

Harga baru Kawasaki KLX150 BF ada di angka Rp37,3 juta. Sementara Yamaha WR 155 R ditawarkan Rp38,9 juta.

Logikanya, harga bekas Honda CRF150L akan lebih murah dari kedua motor tersebut dengan kondisi dan tahun pembuatan yang sama.

Bicara fitur, Honda CRF150L terbilang unggul. Motor ini sudah menggunakan sistem bahan injeksi yang tak dimiliki KLX150 BF.

Speedometer-nya pun sudah menggunakan model digital. Lagi-lagi Kawasaki ketinggalan. Tapi konsumen bisa menjumpai fitur ini pada produk Yamaha.

Kemudian pada sisi performa, Honda CRF 150L juga menang dibanding Kawasaki KLX150 BF yang memiliki output mesin 12 Ps dan 11,3 Nm.

Tapi lagi-lagi Yamaha unggul jika dibandingkan produknya yang memiliki tenaga tertinggi 16,7 Ps dan torsi 14,3 Nm.

Baca juga:

Terlepas dari itu semua, ground clearance menjadi poin yang perlu dilihat untuk sebuah motor trail. Terlebih buat mereka yang benar-benar ingin menggunakannya di medan off road.

Untuk hal ini posisi Honda CRF150L berada di tengah-tengah dengan ground clearance 285 mm. Lebih pendek dari KLX150 BF yang punya ground clearance 295 mm.

Tapi masih lebih tinggi dari Yamaha WR 155 R dengan jarak terendah ke tanah 245 mm.

Honda CRF150L Adventure-700

Memiliki habitat di medan off road, ada yang bagian yang mesti dicek sebelum membeli. (Foto: AHM)

Tips Beli Honda CRF150L Bekas

Tips membeli Honda CRF150L tak jauh berbeda dengan motor lain. Kelengkapan dokumen kendaraan menjadi hal pertama yang mesti dipastikan.

Usia motor ini sebenarnya masih relatif baru. Semestinya kondisi belum jauh menurun jika digunakan secara normal.

Tapi karena masuk kategori motor trail ada baiknya berjaga-jaga terhadap kerusakan dari penggunaan di medan off road.

Bagian yang perlu dicek antara lain seal suspensi. Pastikan tidak mengalami kebocoran oli.

Selain itu periksa juga velg apakah kondisinya masih lurus. Sudah bukan rahasia, hantaman keras pada bagian ini terutama dalam interval waktu yang sering akan membuatnya bengkok.

Konsumen juga bisa memeriksa bagian kelistrikan untuk memastikan fitur-fitur seperti lampu, electric starter, speedometer, atau klakson bekerja dengan baik.

Khawatir motor pernah diajak basah-basahan dan menyebabkan kerusakan. Terakhir bisa pastikan mesin bebas dari rembesan oli.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts