Toyota Yaris Joker, Evolusi Singkat Hatchback Jagoan Toyota Indonesia
Jakarta – Yaris jadi model andalan Toyota Indonesia untuk bermain di segmen hatchback. Begitu seriusnya Toyota menggarap segmen ini, membuat lifecycle Yaris tergolong cepat. Berselang empat tahun setelah peluncuran generasi kedua di 2014, tahun ini PT Toyota Astra Motor kembali merilis versi terbaru yang dijuluki sebagai Toyota Yaris Joker.
Untuk generasi sebelumnya yang dijuluki sebagai Yaris Lele, hanya bertahan sekitar empat tahun. Yaris menjadi andalan Toyota saat berhadapan dengan Honda Jazz di segmen hatchback. Segmentasi mobil tanpa buntut ini memang tidak besar namun cukup menjanjikan karena didominasi oleh konsumen anak muda.
Bicara masalah desain, bila dilihat pada bagian depan mulai dari grill yang menyatu dengan bumper seperti mulut Joker yang ada pada film Batman. Selain itu, Toyota Yaris ini pun juga akan mengusung mesin baru berkode 2NR-FE dengan kapasitas 1.496 cc.
Toyota Yaris Joker hanya tersedia dalam tiga tipe yaitu TRD Sportivo, tipe G, dan tipe E. Bila melihat tampilan Toyota Yaris 2018 tampak tidak berbeda dengan versi Thailand, yang sudah meluncur lebih dahulu. Yaris generasi ketiga ini dirakit lokal di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN).
Ciri khas Yaris Joker yaitu desain atap dibuat unik yang membuatnya seolah melayang. Kesan gahar hadir dengan black piano lower grille. Khusus untuk Toyota Yaris tipe TRD Sportivo, aura racing dan sporty diperkuat dengan aksen garis merah pada bumper dan dynamic Headlamp dengan red ring.
Desain lampu belakang ini dibuat berlapis dan tipis dengan alur garis horizontal sehingga memberikan efek lebar. Kesan agresif ala mobil sport muncul dari rear-roof spoiler dan diffuser dengan desain bernuansa racing.
Isi Konten
Sejarah Singkat Toyota Yaris di Indonesia
Toyota Yaris dipasarkan secara resmi di Indonesia dalam bentuk impor utuh (CBU) dari Thailand pada 2006 silam dan disodorkan dalam tiga model, yakni E (A/T & M/T), serta S and S Limited yang hanya tersedia dengan transmisi otomatis. Mesin yang digunakan berkapasitas 1.500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang juga digunakan pada Toyota Vios.
Perubahan bodi total terjadi pada 2014 dimana Yaris memiliki dimensi bodi yang lebih panjang ketimbang pendahulunya. Hal ini disinyalir dilakukan Toyota, agar tak bentrok di pasar yang sama dengan hatchback terbaru mereka, Toyota Etios Valco.
Desain Yaris generasi kedua mengadopsi bahasa desain hatchback modern dengan dimensi yang lebih panjang dengan gril ala ‘kumis lele’ yang menjadi ikonik. Ciri khas floating roof effect mulai diperkenalkan pada generasi ini yang tetap bertahan sampai generai ketiga.
Ubahan total pada generasi kedua Yaris bahkan mencakup ke bagian dapur pacu. Mesin 2NR-FE yang memiliki power maksimum 107 ps dan torsi 14,3 kgm.
Berselang empat tahun kemudian, Toyota memperbaharui Yaris di tahun 2018 dengan fokus ubahan pada sisi desain. Dalam balutan konsep desain Advance and Emotional, New Yaris mewakili semangat sporty kalangan yang berjiwa muda. Lekukan desain yang memiliki sudut-sudut tajam dengan detail yang lebih agresif.
Kesan sporty dapat terlihat dari tampilan depan yang mengalir dari front grille, menyatu dengan lampu utama dan garis body hingga buritan. Tema desain floating roof pada New Yaris semakin menonjol dengan melakukan perubahan pada area pilar belakang.
Performa Mesin Toyota Yaris Joker
Hanya hanya sekedar wajah baru, namun Toyota Indonesia masih membekali Yaris Joker dengan mesin lawas. Di balik kap depan, tersimpan mesin 2NR-FE 4 silinder tipe DOHC berteknologi Dual VVT-I yang memiliki kapasitas 1.496 cc.
Tenaga yang dihasilkan hingga 107 Ps per 6000 rpm dan torsi maksimum 14.3 Nm per 4200 rpm. Untuk tipe TRD Sportivo tersedia pengaturan berkendara dilengkapi pilihan SPORT atau ECO Mode. Sementara untuk transmisi, tersedia dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT.
Mesin | |
Tipe Mesin | In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i |
Isi Silinder (Cc) | 1,496 |
Diameter X Langkah (Mm) | 72.5 x 90.6 |
Daya Maksimum (Ps/Rpm) | 107 / 6,000 |
Torsi Maksimum (Kgm/Rpm) | 14.3 / 4,200 |
Sistem Pemasukan Bahan Bakar | Fuel Injection |
Transmisi | § 5-Speed Manual (E Grade M/T)
§ 7-Speed CVT (E Grade CVT) § 5-Speed Manual (G Grade M/T) § 7-Speed CVT (G Grade CVT) § 5-Speed Manual (TRD Sportivo M/T) § 7-Speed CVT (TRD Sportivo CVT) |
Rancangan Mobil Untuk Performa Terbaik
Mobil untuk anak muda semestinya menawarkan performa mesin jempolan dan handling mumpuni. Untuk mencapai level tersebut, butuh rancangan struktur rangka yang kokoh dan kaki-kaki yang didukung suspensi handal.
Pertama kita bahas soal dimensi, ternyata ukuran Yaris Joker dengan Yaris Lele tidak banyak berubah. Perubahan sebatas desain body karena wheelbase ukurannya tetap. Toyota Yaris memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm.
Dimensi | |
Panjang (mm) | 4,145 |
Lebar (mm) | 1,730 |
Tinggi (mm) | 1,500 |
Jarak Poros Roda (mm) | 2,550 |
Untuk menunjang keseimbangan dalam berkendara, raksasa otomoif asal Jepang membekali Yaris dengan suspensi tipe MacPherson Strut pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang. Mobil yang jadi musuh bebuyutan Honda Jazz lantas mengandalkan velg Alloy berdiameter 15 inci dengan balutan ban berukuran 185/60 R15 (standar) dan 16 inci (TRD Sportivo).
Kaki-kaki dan Pengereman | |
Suspensi Depan | § Macpherson Strut |
Suspensi Belakang | Torsion Beam |
Rem Depan | § 14″ Ventilated Disc (E Grade, G Grade)
15″ Ventilated – TRD (TRD Sportivo) |
Rem Belakang | § Drum (E Grade, G Grade)
§ 15″ Solid Disc – TRD (TRD Sportivo) |
Sistem Rem Tambahan | § ABS + EBD + BA |
Ukuran Ban | § 185/60R15 (E Grade, G Grade)
195/50R16 (TRD Sportivo) |
Power Steering | § Rack and Pinion, Electric Power Steering With Tilt |
Interior Elegan ala Toyota Yaris Joker
Interior Toyota Yaris pun juga turut mendapat beberapa sentuhan pembaruan yang lebih modern dan elegan. Toyota kali ini mengedepankan sisi kenyamanan sehingga kabin Yaris Joker terasa luas dan lega. Alhasil, ruang gerak penumpang yang lebih bebas.
Toyota mengusung konsep Complete Features pada dashboardnya yang kini berkesan lebih lapang. Sedangkan pada bagian konsol tengah tampak menonjol ke depan dengan desain yang membuatnya sekilas tampak bagaikan gelombang selancar (surf wave).
Kesan modern terpancar dari penggunaan warna silver pada beberapa ornamen interior seperti pada konsol bagian depan, speaker, register knob, dan pengatur AC.
Hatchback dengan Fitur Cukup Lengkap
Sebagai salah satu hatchback modern, tentu saja tak hanya desain dan mesinnya saja melainkan fitur-fitur yang dibawanya pun juga menjadi patokan tersendiri untuk kenyamanan pengemudi atau penumpang. Paling penting, yaitu fitur keselamatan.
Toyota Yaris Joker kini dibekali dengan beberapa fitur canggih dan handal. Salah satunya yaitu pengereman yang sudah berteknologi ABS, EBD, dan BA. Tidak hanya soal pengereman, Yaris Joker juga akan dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC) untuk menstabilkan kendaraan pada posisi menikung.
Ada juga fitur Hill-Start Assist (HSA) untuk memudahkan kendali kendaraan di tanjakan. Fitur keselamatan lainnya yaitu tersedia airbag di tujuh titik dan jok ISOFIX.
- Airbag di tujuh titik
- Vehicle Stability Control (VSC),
- Hill-Start Assist (HSA),
- Sistem pengereman dengan ABS + EBD + BA
- Sabuk pengaman tiga titik
- Kantung udara ganda dengan Pretensioner dan Force Limiter di bagian depan
- Sistem pengunci/pengaman pintu untuk anak-anak
- Sistem rangka bodi mengadopsi model energy absorbing body structure & high strength body frame
- Sistem pelindung pejalan kaki
- Sistem WIL (Whiplash Injury Lessening) untuk mengurangi cedera leher
- Sistem keamanan dengan immobilizer
Itu baru sekedar fitur keselamatan, masih banyak lagi fitur jempolan yang disiapkan untuk memanjakan pengguna si Joker ini. Untuk peranti hiburan dalam mobil, tersedia head unit dengan layar sentuh seluas 7 inci HD Display yang akan menawarkan beberapa menu pilihan entertainment. Antara lain seperti DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone).
Untuk tipe G dan TRD Sportivo bahkan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih tambahan, seperti iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone. Pengemudi pun langsung disuguhkan dengan kokpit bergaya racy dengan desain setir kemudi baru dengan beberapa tombol navigasi fungsional.
Di baliknya ada paddle shift yang khusus untuk tipe TRD CVT. Lalu panel instrumen juga tampak berbeda dengan layar TFT MID untuk berbagai informasi terkait kondisi mobil saat berkendara.
- Jok dengan model semi bucketseat
- Multi Information Display
- HD Display with DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone) (Tipe G)
- ECO indicator
- Tilt steering column
- Paddle shift (A/T)
- Head unit with iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone. (TRD Sportivo)
- Shift lock system
- Smart start/stop button
Daftar Harga Toyota Yaris Joker
Toyota Yaris Joker mengisi segmen yang sama dengan Honda Jazz. Keduanya hadir dengan desain kekinian sesuai dengan karakter anak muda sebagai target utama penggunanya.
Harga Toyota Yaris | |
Tipe | Harga |
Toyota Yaris E Grade M/T | Rp. 235.400.000,- |
Toyota Yaris G Grade M/T | Rp. 243.700.000,- |
Toyota Yaris E Grade CVT | Rp. 247.200.000,- |
Toyota Yaris G Grade CVT | Rp. 254.700.000,- |
Toyota Yaris TRD Sportivo M/T | Rp. 264.100.000,- |
Toyota Yaris TRD Sportivo CVT | Rp. 275.900.000,- |