Suzuki Indonesia Diserang Isu Hoax Soal Perawatan Mobil Gratis
Jakarta – Baru-baru ini beredar informasi melalui pesan berantai yang menyebutkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menawarkan program perawatan mobil gratis kepada pelanggan. Penawaran menarik tersebut dalam rangka menjalankan program ‘Suzuki Peduli Covid’.
Rupanya informasi yang tidak diketahui asal-usulnya itu sudah diketahui oleh PT SIS. Pihaknya langsung memberikan klarifikasi dan menyebutkan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoax.
Adapun pesan yang tersebar itu berisikan soal ajakan pelanggan untuk memanfaatkan program penawaran menarik dari Suzuki Indonesia dengan iming-iming. Yaitu gratis ganti oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, checkup 32 part, masker dan hand sanitizer.
Sebelum mendapatkan layanan gratis tersebut, pelanggan terlebih dulu harus mengisi data pribadi. Seperti alamat, nomor telepon, e-mail, dan sebagainya melalui tautan situs s.id/SuzukiPeduliCovid. Isi dari pesan tersebut sama sekali bukan berasal dari PT SIS dan dibuat tanpa persetujuan atau izin PT SIS.
“Saat ini beredar broadcast message program ‘Suzuki Peduli Covid’ berupa perawatan mobil gratis yang bisa didapatakan konsumen dengan mengisi sejumlah data penting. Kami menduga ini adalah penipuan untuk mengumpulkan data konsumen. Karena PT SIS tidak pernah mengeluarkan program tersebut.” ungkap Riecky Patrayudha, 4W, 2W, Marine Service Director PT SIS dalam keterangan resminya, Rabu (17/6/2020).
Riecky juga mengingatkan kepada pelanggan supaya lebih berhati-hati jika mendapatkan informasi mencurigakan dengan mengatasnamakan PT SIS. Selama ini, bila ada program baruselalu memberitahunya melalui website resmi, diler maupun media sosial.
“Kami selalu menginformasikan setiap program melalui surat resmi kepada semua diler, website maupun media sosial. Untuk itu, pada Selasa (16/06), kami telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kami harap konsumen kami tidak tertipu dengan pesan hoax tersebut,” sambung Riecky.
Informasi Resmi Selalu Ada di Website
Pelanggan boleh menaruh curiga apabila mendapatkan dan menemukan pesan berisikan program dan penawaran terkait kendaraam bukan di website resmi Suzuki. Sebab PT SIS selalu menginformasikan semua program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum pada website Suzuki Indonesia (www.suzuki.co.id) serta media sosial Suzuki Indonesia (Facebook, Twitter, dan Instagram).
Selain itu, Suzuki juga menyediakan layanan bebas pulsa 24 jam di Halo Suzuki (0800 1100 800) yang dapat konsumen Suzuki gunakan untuk memastikan setiap program (Sales, Service, dan Sparepart) yang ada di Suzuki .
Penulis: Santo
Editor: Lesmana