Spesifikasi dan Harga Toyota Hilux Rangga, Termahal Rp304 Jutaan
Toyota Hilux Rangga hadir dalam dua spesifikasi mesin yang berbeda dengan banderol mulai dari Rp188,7 juta hingga Rp304,5 juta.
PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi telah meluncurkan Hilux Rangga, Selasa (15/10/2024). Di saat yang sama, TAM turut membeberkan, varian, spesifikasi, hingga harga Toyota Hilux Rangga.
Baca juga: Interior Toyota Hilux Rangga Menawarkan Desain yang Fungsional
Mengacu pada spesifikasi yang dibeberkan, Toyota Hilux Rangga akan hadir dalam dua bodi yang berbeda.
Pertama merupakan varian pick up atau bak terbuka dan varian keduanya merupakan cab chassis atau tanpa bak yang nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Lalu seperti apa spesifikasi dari Toyota Hilux Rangga yang sudah mulai dijual secara resmi di Indonesia ini?
Isi Konten
Varian dan Harga Toyota Hilux Rangga
Toyota Hilux Rangga hadir dalam lima varian yang ditawarkan kepada konsumen Tanah Air.
Dua varian dibekali dengan mesin bensin, sementara sisanya menggunakan mesin diesel yang juga digunakan pada Kijang Innova Reborn.
Berikut lima varian Toyota Hilux Rangga yang ada di Indonesia.
- 2.0 Standard MT
- 2.0 High MT
- 2.4 Standard MT
- 2.4 High MT
- 2.4 High AT
Sementara untuk harga On The Road (OTR) Jakarta di masing-masing varian sebagai berikut:
Mesin Bensin
- Cab chassis 2.0 Standard MT Rp188,7 juta
- Pick up 2.0 Standard MT Rp193,6 juta
- Pick up 2.0 Standard MT 3-Way Rp194,6 juta
- Pick 2.0 High MT Rp215,7 juta
Mesin Diesel
- Cab chassis 2.4 Standard MT Rp244,7 juta
- Pick up 2.4 Standard MT Rp249,6 juta
- Pick up 2.4 Standard MT 3-Way Rp250,6 juta
- Pick up 2.4 High MT Rp283,6 juta
- Cab chassis 2.4 High MT Rp299,2 juta
- Pick up 2.4 High AT Rp304,5 juta
Konsumen yang berminat memiliki mobil pikap terbaru Toyota itu sudah dapat melakukan pemesanan secara langsung ke diler-diler resmi terdekat.
Mereka yang sudah memesan akan menerima unit pada bulan ini. Pihak TAM memastikan mobil ini berstatus ready stock hanya saja ketersediaan unitnya tergantung tipe yang akan dibeli oleh konsumen.
Spesifikasi dan Harga Toyota Hilux Rangga
Toyota Hilux Rangga memiliki dimensi panjang hampir lima meter dengan detail seperti di bawah ini.
Dimensi Toyota Hilux Rangga |
|
Panjang | 4.965 mm |
Lebar | 1.785 mm |
Tinggi | 1.740 mm |
Panjang dek | 2.385 mm |
Lebar dek | 1.785 mm |
Dimensi Toyota Hilux Rangga tidak berbeda antara varian mesin bensin maupun diesel yang ditawarkan kepada konsumen.
Sementara untuk kaki-kakinya, seperti pelek memiliki ukuran mulai dari 14 inci dan 16 inci, tergantung varian
Ukuran pelek 14 inci hanya digunakan pada Hilux Rangga varian Standard di mesin bensin maupun diesel.
Lalu ukuran pelek 16 inci hanya digunakan pada tipe High di semua opsi Hilux Rangga yang ada saat ini.
Kaki-kaki Toyota Hilux Rangga |
|
Pelek dan ban tipe Standard | 14 inci 195 |
Pelek dan ban tipe High | 16 inci 215/65 |
Rem depan | Cakram 14 inci |
Rem belakang | Tromol |
Spesifikasi Mesin Toyota Hilux Rangga
Mesin bensin yang tertanam pada Toyota Hilux Rangga menggunakan kapasitas 1.998 cc, 4 silinder, dengan kode 1TR-FE.
Mesin Bensin Toyota Hilux Rangga |
|
Kapasitas | 1.998 cc |
Jumlah silinder | 4 silinder segaris |
Tenaga | 137 hp @5.600 rpm |
Torsi | 183 Nm @4.000 rpm |
Teknologi | Electronic fuel injection (EFI) |
Jantung pacu tersebut sebenarnya bukanlah mesin baru, melainkan sudah banyak digunakan pada generasi Toyota Kijang Innova sebelumnya.
Bahkan mesin diesel yang tertanam pada Hilux Rangga juga bukanlah mesin baru lantaran sudah dipakai pada Kijang Innova Reborn dan Fortuner.
Baca juga: Keren! Begini Tampang Toyota Hilux Rangga Dalam Beragam Gaya Modifikasi
Untuk mesin dieselnya berkapasitas 2.393 cc, 4 silinder segaris berbekal turbocharger dengan nosel variabel atau VNT.
Mesin tersebut berkode 2GD-FTV yang dikenal punya performa mumpuni dan tentunya cukup bandel untuk digunakan keperluan harian.
Spesifikasinya seperti di bawah ini.
Mesin Diesel Toyota Hilux Rangga |
|
Kapasitas | 2.393 cc |
Jumlah silinder | 4 silinder segaris |
Tenaga | 147 hp @3.400 rpm |
Torsi | 343 Nm @1.200-2.600 rpm |
Teknologi | Common Rail, DOHC, Turbocharger VNT |
Kedua mesin tersebut sudah teruji keandalan dan durabilitasnya.
Spesifikasi Fitur Toyota Hilux Rangga
Mobil yang bermain di segmen kendaraan niaga serba bisa ini turut dibekali dengan beberapa fitur pendukung, walaupun terlihat seadanya.
Jadi, jangan terlalu berharap banyak jika mobil satu ini akan memiliki banyak fitur pendukung lantaran memang ditujukan untuk bekerja berat nantinya.
Sebagai contoh, lampu depannya masih menggunakan halogen demi memudahkan melakukan penggantian ketika mati.
Lalu ada juga opsi pilihan mobil dengan pendingin udara maupun blower untuk menghembuskan angin segar di dalam kabin.
Untuk tipe Standard bahkan tidak dibekali dengan penyangga sandaran kepala atau head rest yang mana sandaran ini hanya ada pada tipe High.
Baca juga: Toyota Siapkan Hilux Rangga Jadi Pilar Produk Mobil Komersial TAM
Fitur lain yang didapat, adalah model jok bench atau bangku sambung untuk kapasitas tiga orang di depan.
Bangku sambung ini tersedia mulai dari tipe terbawah hingga 2.4 High MT, sedangkan tipe teratas dengan transmisi otomatis memakai bangku terpisah.
Perbedaan lainnya, yakni audio 1D USB AUX SD yang juga tersedia mulai dari tipe terbawah hingga 2.4 High MT, sedangkan tipe teratas memakai premium audio.
Fitur Keamanan
Walaupun terlihat seadanya, namun Toyota masih memberikan fitur keamanan standar yang tersemat pada Hilux Rangga.
Misalnya, mobil ini masih memiliki perangkat rem ABS+EBD untuk varian High, lalu ada juga airbag yang juga hanya tersedia di varian High.
Fitur lain yang hanya tersedia di varian High, yakni kunci dengan sistem immobilizer sebagai pengamanan.
Sedangkan fitur lain yang tersedia di seluruh varian, yakni stop kontak 12V yang bisa dimanfaatkan oleh pengemudi.
Selain itu, merek asal Jepang ini mengklaim jika bagian bonnet mampu meredam tabrakan frontal ketika terjadi kecelakaan.
Fitur canggih Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC) turut menjadi standar di tipe High Diesel A/T yang membantu pengemudi mengendalikan kendaraan di jalan sulit, ketika hujan, atau saat membawa muatan berat.
Fitur tersebut diharapkan dapat memberikan keamanan berkendara yang prima serta memberikan rasa tenang dan memastikan kelancaran operasional bisnis.
Setiap mobil niaga Toyota mengadopsi value Quality, Durability, and Reliability (QDR) yang tinggi berkat penggunaan mesin, chassis, dan drivetrain (termasuk transmisi, propeller shaft, dan gardan) yang sama dengan Hilux.
Tujuannya agar dapat memastikan kemampuannya melaju di berbagai medan dengan daya tahan yang sudah terjamin.
Siapa Rival Toyota Hilux Rangga?
Kehadiran Toyota Hilux Rangga tentu menambah persaingan di segmen ini.
Lalu, siapa yang akan menjadi kompetitor terdekat Hilux Rangga?
Baca juga: BYD Dikabarkan Lagi Menyiapkan Pikap Seukuran Hilux
Persaingan yang bakal dihadapi oleh Hilux Rangga bakal datang dari Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max, Mitsubishi Colt L300, atau Wuling Formo Max.
Harus diakui, Toyota Hilux Rangga menjadi satu-satunya mobil di segmen komersial ringan yang hadir dengan transmisi otomatis.
Kesimpulan
Berdasarkan spesifikasi Toyota Hilux Rangga dan harga resmi yang diumumkan, tentunya mobil komersial ringan ini bisa menjadi pilihan baru.
Konsumen dapat memilih antara varian mesin bensin maupun mesin diesel sesuai dengan kebutuhan.
Menariknya lagi, mobil tersebut tersedia pilihan bak (pick up) maupun cab chassis yang bisa diatur sesuai kebutuhan calon pembeli nantinya.
Penulis: Rizen Panji
Editor: Santo Sirait