Shockbreaker Honda BeAT Ambles, Begini Cara Mengatasinya
Jakarta – Untuk motor sejuta umat seperti Honda BeAT, kerapkali dipakai untuk mengangkut barang berat seperti beras atau barang jualan toko kelontong. Seiring pemakaian dengan beban berat, kinerja shockbreaker terus menurun. Apabila shockbreaker Honda BeAT ambles, solusinya bisa diperbaiki atau substitusi pakai copotan milik Vario 125.
Biasanya, shockbreaker BeAT yang ambles ini disebabkan karena kondisi oli pelumas di dalam tabungnya sudah sangat encer. Akibatnya, sirkulasi oli berjalan lebih cepat dan membuat rebound shock jadi tidak nyaman. Opsi bagi pemilik BeAT dengan dana terbatas bisa memperbaiki agar bantingannya kembali lembut seperti baru.
“Kalau sudah ambles, biasanya dari oli sudah jelek. Di sini kita ganti olinya, jadi bantingannya enggak keras. Untuk yang biasa bawa barang berat, jenis olinya kita ganti yang lebih kental,” jelas Abdul Yadi, pemilik bengkel Yadi di bilangan Jalan Tambak, Manggarai.
Pria paruh baya dengan panggilan Babeh Adul berujar untuk shockbreaker selama masih utuh dan tidak bocor masih bisa diperbaiki agar redamannya kembali empuk. Soal biaya, Yadi menyebut bila untuk perbaikan single shock seperti BeAT ini dipatok Rp 70 ribu.
“Untuk Honda BeAT cuma diganti jenis olinya saja, kena Rp 70 ribu. Lain lagi kalau Yamaha Mio, perlu diganti pernya pakai yang lebih empuk jadi biayanya lebih mahal,” ujar Babeh Adul.
Beli Shock Copotan Vario 125
Solusi lain bagi pemilik Honda BeAT yang ingin bagian belakang jadi lebih tinggi dan terlihat kekar yaitu mengganti dengan milik Honda Vario 125. Tidak harus beli baru, Carmudian bisa berburu barang copotan ini di beberapa tempat, misalnya di Jalan I Gusti Ngurah Rai, dekat LP Cipinang, Jakarta Timur. Kisaran harga shockbreaker copotan milik Vario 125 ini juga hampir sama dengan copotan milik BeAT.
“Harga shock copotan BeAT itu Rp 150 ribu, kalau Vario 125 Rp 180 ribu bisa nego. Itu bisa saling tukar, kalau BeAT mau lebih tinggi belakangnya bisa pakai vario atau sebaliknya,” kata Rustam, salah seorang pedagang di kawasan itu.
Soal pemasangan pun tidak sulit, bentuk dan posisi anting sama seperti shock bawaan Honda BeAT. Bedanya hanya soal ukuran panjang keseluruhan shockbreaker.
“Dudukan anting atas dan bawahnya sama. Bedanya, shock Vario ukurannya lebih panjang sedikit, kira-kira lebih panjang dua centimeter,” jelasnya.