Segala “Keanehan” Ferrari Purosangue Bagi Seorang Pemilik Mobil Biasa
Jakarta — Pabrikan mobil asal Italia, Ferrari, akhirnya merilis Purosangue, Rabu (14/9/2022).
Kehadirannya menjadi sejarah tersendiri sebab menjadi Sport Utility Vehicle (SUV) produksi massal pertama dari Ferrari.
Bukan Ferrari namanya jika tidak menghadirkan mobil dengan karakter kuat.
Hal itu tentu saja turut ditemui pada mobil yang rencananya mulai dijual 2023 dengan harga sekitar 390.000 euro atau sekitar Rp5,75 miliar ini.
Sentuhan unik langsung bisa ditemui di bagian eksteriornya. Purosangue menggunakan pintu belakang suicide door atau rear-hinged.
Itu artinya pintu dibuka ke arah belakang, bukan ke depan seperti mobil pada umumnya.
Pabrikan yang menggunakan desain pintu seperti ini biasanya berupaya menciptakan kesan ruang yang lebih luas.
Menurut informasi, pintu belakang Purosangue memiliki sudut bukaan 79 derajat. Sementara untuk pintu depannya memiliki sudut bukaan 63 derajat.
Hal “aneh” berikutnya dari mobil ini di mata pemilik mobil biasa adalah bukaan kap mesinnya yang menerapkan desain front-hinged. Dengan desain seperti ini, kap mesin akan terbuka ke arah depan.
Hal itu tentunya berbeda dengan mobil kebanyakan yang engsel kap mesinnya berada di belakang.
Interior Ferrari Purosangue
Tak berhenti sampai di situ, interior kabin mobil ini juga masih menyimpan “keanehan”.
Hal ini terlihat dari desain dasbornya yang seolah-olah memiliki dua kokpit.
Sebabnya dasbor di sisi penumpang juga memiliki panel instrument cluster model digital dengan ukuran 10,2 inci.
Kehadiran fitur tersebut diharapkan bisa meningkatkan pengalaman berkendara penumpang depan dengan membuatnya seolah-olah turut terlibat dalam aktivitas mengemudi.
Sebagai informasi, Purosangue itu sendiri memiliki kabin dengan kapasitas empat penumpang.
Baris keduanya menyediakan ruang yang cukup untuk diisi orang dewasa dengan desain jok sama persis dengan baris pertama.
Dalam hal performa, Purosangue menggunakan mesin bensin V12 6.500 cc yang bisa menghasilkan tenaga tertinggi 725 hp dan torsi maksimum 716 Nm.
Mobil ini diklaim bisa berakselerasi dari 0—100 km per jam dalam waktu 3,3 detik.
Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas