Review Honda HR-V 1.8L Prestige: Crossover Rp400 Jutaan, Akomodasi Jempolan
Di tahun 2021 ini Honda HR-V masih menjadi opsi mobil baru berjenis crossover yang tersedia bagi konsumen. Terakhir mendapat penyegaran pada 2018, apakah HR-V terutama varian tertingginya masih layak dimiliki? Mari simak review Honda HR-V 1.8L Prestige berikut.
Pasar otomotif Indonesia berbeda dengan di Jepang. Di negara asalnya tersebut Honda HR-V atau yang nama aslinya adalah Honda Vezel sudah hadir dalam wujud benar-benar baru. Sebaliknya, konsumen di Tanah Air mesti bersabar.
Model yang dipasarkan saat ini tak lain adalah HR-V generasi kedua. Model ini pertama kali diperkenalkan tahun 2013 kemudian mendapat penyegaran kosmetik di tahun 2018.
Isi Konten
Review Honda HR-V 1.8L Prestige 2021
Keberadaan HR-V sebagai pengisi line-up mobil baru Honda sendiri berhasil menuai sambutan positif dari masyarakat.
Desainnya eksteriornya terlihat keren. Tampilannya diisi kombinasi ketangguhan Sport Utility Vehicle (SUV) dan dimensi kompak mengacu pada perawakan sebuah hatchback.
Walau kompak, HR-V punya akomodasi cukup baik. Selain itu, performa mesin yang cekatan dan irit bahan bakar turut menjadi daya tarik lain dari mobil ini.
Mesin Honda HR-V 18.L Prestige
Sektor mesin adalah pembeda utama antara HR-V 1.8L Prestige dengan varian-varian di bawahnya yang punya sumber tenaga lebih kecil.
Mesin
Honda HR-V 1.8L Prestige menggunakan mesin 4-silinder 137 Hp dengan kode R18. Itu berarti sama dengan milik Civic generasi ke-8. Dalam hal ini HR-V 1.8L Prestige pantas diapresiasi.
Berdasarkan pengalaman mencobanya, tarikan mesin terasa responsif. Menjadikan mobil ini terasa menyenangkan untuk dikendarai walau masih mengusung teknologi SOHC.
Transmisi
Honda HR-V 1.8L Prestige dibekali transmisi jenis CVT. Di mobil ini Honda berhasil menghapus stigma “lemot” dari penggunaan transmisi semacam itu.
Kerja CVT-nya cukup sigap ditambah lagi dengan keberadaan paddle shift untuk mengeksplorasi potensi mesin lebih maksimal.
Sebagai informasi, untuk varian 1.8L Prestige memang hanya tersedia dalam pilihan transmisi CVT. Beda halnya dengan varian 1.5L yang juga bisa dimiliki dalam opsi manual 6-speed.
Konsumsi BBM
Konsumsi BBM yang irit juga menjadi nilai tambah HR-V 1.8L Prestige. Dari hasil pengetesan Carmudi, konsumsi bahan bakar untuk rute kombinasi berada di angka 12 km/liter.
Sementara jika mengedepankan gaya berkendara irit bahan bakar alias eco driving angkanya bisa lebih hemat lagi, yakni mencapai 21 km/liter.
Spesifikasi Mesin Honda HR-V 1.8 L Prestige | |
Jenis Mesin | 4-silinder inline (R18) |
Kapasitas | 1.799 cc |
Teknologi Mesin | SOHC, i-VTEC |
Tenaga Maksimum | 137 Hp @ 6.500 rpm |
Torsi Maksimum | 169 Nm @ 4.300 rpm |
Transmisi | CVT |
Konsumsi BBM | 12 km/l (kombinasi) & 21 km/l (eco) |
Eksterior Honda HR-V 1.8L Prestige
Facelift pada 2018 silam sedikit mengubah wajah HR-V 1.8L Prestige. Paling jelas mungkin dari tampilan gril depannya yang menjadi lebih banyak lapisan kromnya.
Ditambah lagi bentuk lampu jadi agak sipit dan sudah menggunakan LED multi reflector dari yang sebelumnya LED projector.
Lalu fog lamp di bagian bawahnya jadi model LED bar. Sebelumnya komponen ini masih menggunakan halogen.
Desain pelek anyar pun turut melengkapi tampilan Honda HR-V 1.8L Prestige setelah facelift.
Dimensi Kendaraan
Di atas kertas Honda HR-V 1.8L Prestige dan varian-varian lainnya memiliki dimensi (PxLxT) 4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm dengan ground clearance 185 mm.
Dimensi kompak memang menjadi ciri khas mobil crossover secara keseluruhan termasuk HR-V. Tapi di kelasnya sendiri, mobil ini bukan yang terkecil karena masih ada Mazda CX-3 dengan dimensi 4.275 mm x 1.765 mm x 1.535 mm.
Desain Bodi
Sebagai varian tertinggi, HR-V 1.8L Prestige memiliki keistimewaan tersendiri di sektor eksterior. Mayoritas kosmetiknya dibuat satu warna dengan bodi, mulai dari lower grille hingga side skirt.
Sentuhan yang sama juga bisa Carmudian lihat untuk bagian plastik yang melingkar di atas rumah roda.
Selain itu, varian ini juga memiliki pelek dengan desain berbeda, tapi ukurannya sama dengan varian lain, yaitu 17 inci.
Interior Honda HR-V 1.8L Prestige
Kesan driver oriented bisa Anda rasakan begitu menempatkan diri di balik lingkar kemudi mobil ini. Kami menilai salah satu alasannya adalah desain konsol tengahnya yang panjang dan agak lebar.
Selain itu desain dasbor juga dibuat sedikit condong mengarah ke pengemudi guna mempermudah pengoperasian perangkat head unit dan AC.
Konfigurasi Bangku
Selayaknya mayoritas crossover yang ada di pasaran, kabin HR-V bisa memuat lima orang penumpang. Semua bangku memiliki headrest termasuk untuk penumpang tengah baris belakang.
Ada tiga pilihan jenis pelipatan bangku untuk memudahkan Anda membawa barang sesuai kebutuhan.
Pertama adalah Tall Mode di mana bagian bawah jok belakang dilipat ke atas untuk menyediakan ruang bagi barang-barang yang tinggi.
Kedua adalah Long Mode, yaitu ketika bangku belakang sebelah kiri dilipat habis, kemudian sandaran bangku penumpang depan diposisikan paling rebah.
Ketiga adalah Utility Mode, yaitu ketika sandaran bangku belakang dilipat habis hingga rata dengan lantai. Mode terakhir ini yang menyediakan ruang kargo paling luas.
Fitur Entertainment
Head unit layar sentuh berukuran 8 inci menjadi pusat pengaturan fitur hiburan di dalam kabin. Fiturnya cukup kekinian bahkan sudah mendukung WebLink yang artinya Anda bisa memunculkan tampilan sejumlah aplikasi ponsel di layarnya.
Selain itu koneksi Bluetooth, hands free telephone, smartphone connection, AM/FM radio turut tersemat di sana.
Head unit juga bisa menampilkan visual kamera mundur dengan berbagai sudut pandang, mulai dari normal view, wide view, dan top view.
Fitur Kenyamanan
Kenyamanan penumpang ditunjang keberadaan AC digital yang menggunakan panel layar sentuh untuk pengaturannya. Terdapat fitur AC Auto untuk pengoperasian yang lebih praktis.
Nah, khusus varian ini penumpang juga bisa merasakan kesan kabin yang lebih lapang berkat keberadaan power panoramic sunroof.
Fitur Berkendara
Jika duduk di bangku pengemudi maka Anda akan disuguhkan tombol engine start stop, paddle shift, audio steering switch, dan tombol parkir elektronik yang juga sudah punya kemampuan auto brake hold.
Selebihnya, mobil ini juga sudah dilengkapi ABS+EBD, brake override system, hill start assist, cruise control, dan vehicle stability assists.
Aspek safety ditopang enam buah kantung udara (depan dan samping). Sementara semua bangkunya menggunakan sabuk pengaman tiga titik.
Desain Kabin
Ciri khas selanjutnya dari kabin HR-V 1.8L Prestige adalah sentuhan dual tone. Joknya dibalut warna hitam, tapi dasbor dan konsol tengah memiliki warna putih yang cukup dominan.
Harga Honda HR-V 1.8L Prestige
Belum lengkap rasanya jika review Honda HR-V 1.8L Prestige ini tak ikut mencantumkan harganya.
Model ini sekarang dijual dengan angka Rp402.300.000 atau selisih sekitar Rp65 jutaan dibanding varian tertinggi yang menggunakan mesin 1.500 cc.
- Honda HR-V 1.8L Prestige CVT Rp402.300.000
- Honda HR-V 1.5L Special Edition CVT Rp337.100.000
- Honda HR-V 1.5L E CVT Rp319.900.000
- Honda HR-V 1.5L S CVT Rp297.500.000
- Honda HR-V 1.5L S MT Rp287.200.000
Rival Honda HR-V 1.8 L Prestige
Mobil ini jelas bukan pilihan satu-satunya untuk kategori crossover. Toyota C-HR dan Mazda CX-3 2.0L bisa dibilang adalah beberapa rival terdekatnya di pasar otomotif Tanah Air saat ini.
Jika dibanding kedua rivalnya tersebut, harga Honda HR-V 1.8L Prestige bisa nampak cukup menggoda.
Tonton juga video review Honda HR-V 1.8 L Prestige persembahan Carmudi berikut ini:
Baca Juga:
- Review Honda City Hatchback 2021: Layak Jadi Pengganti Jazz?
- Review Honda CR-V 2021: Fitur Bertambah Drastis
Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas