Penjualan Mitsubishi 2022 Turun, Duet Xpander Jadi Penyelemat
Jakarta — PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan hasil penjualan mereka selama 2022 lalu yang turun sebesar 6,2 persen dibandingkan tahun 2021 lalu.
Mitsubishi menguasai 10,6 persen pangsa pasar dengan mencatatkan penjualan sebanyak 97.936 unit di sepanjang tahun 2022.
Total angka penjualan tersebut merupakan gabungan dari segmen kendaraan penumpang yang 69.629 unit serta kendaraan niaga ringan 28.307 unit.
Dalam siaran resmi yang kami terima, Senin (16/1/2023) Xpander dan Xpander Cross menjadi penyumbang penjualan terbesar.
Keduanya sukses mencatatkan angka 49.917 unit dengan pangsa pasar 60% pada penjualan MMKSI sepanjang tahun 2022 lalu.
Di bawahnya bercokol Pajero Sport yang sukses terjual sebanyak 17.137 unit dengan pangsa pasar lebih dari 17% pada penjualan MMKSI.
L300 menjadi pendulang penjualan terbesar di kategori kendaraan niaga ringan segmen small pick up 4×2 sebanyak 27.110 unit dengan pangsa pasar lebih dari 19,5%.
Setelahnya muncul Triton yang meraih penjualan sebanyak 9.009 unit dengan pangsa pasar 57,5% di segmen pick up 4×4.
Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengatakan tahun 2022 lalu menjadi semangat dan motivasi untuk terus mengimplementasikan komitmen kuat Mitsubishi.
“Apresiasi yang baik dari konsumen serta capaian kami di tahun 2022 menjadi semangat dan memotivasi kami untuk terus mengimplementasikan komitmen kuat dari Mitsubishi Motors di Indonesia sebagai pasar yang sangat penting di Kawasan ASEAN,” ujarnya.
Menurut data Gaikindo, pada tahun 2021 lalu Mitsubishi berhasil menjual 104.407 unit kendaraan.
Hal ini juga membuat Mitsubishi turun ke peringkat 4 sebagai merek mobil terlaris di Indonesia.
Kendati demikian, Naoya Nakamura menyatakan pihaknya tetap sangat optimis.
“Kami sangat antusias dan bersemangat menyambut tahun 2023 dengan beragam aktivitas menarik, layanan, serta lini model unggulan dari Mitsubishi Motors yang berfokus untuk memberikan kemudahan, manfaat, dan kepuasan maksimal kepada konsumen,” kata Naoya Nakamura.
Percepatan Mobil Listrik
Selain itu MMKSI juga berkontribusi untuk melakukan percepatan pemanfaatan mobil listrik di Indonesia.
Salah satunya dengan cara studi bersama 4 perusahaan ternama guna pemanfaatan Minicab MiEV dalam operasi bisnis.
Perusahaan asal Jepang ini juga berkolaborasi bersama 5 merek otomotif asal Jepang guna pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Bali.
Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas
Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!