Reviews

Mudik Bareng All New Honda CR-V RS e:HEV, Mesin Hybrid Bikin Konsumsi Bensin Irit

All New Honda CR-V RS e:HEV memberikan semua hal yang mungkin saja diinginkan kebanyakan orang dari sebuah Sport Utility Vehicle (SUV), mulai dari konsumsi bensin irit, kenyamanan berkendara, dan performa mesin bertenaga.

All New Honda CR-V RS e_HEV (2)

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Impresi tersebut yang dirasakan tim Carmudi, AutoFun, dan Mobil123 ketika menyusuri jalur mudik mulai dari Jakarta hingga Madiun, Jawa Timur baru-baru ini.

All New Honda CR-V RS e:HEV atau CR-V hybrid itu sendiri merupakan model generasi keenam dalam “keluarga” SUV flagship Honda tersebut yang resmi dijual di Indonesia mulai Agustus 2023 lalu.

Baca juga: Honda Bawa 5 Mobil Elektrifikasi di GIIAS 2023, Ada CR-V Hybrid!

Kehadiran model ini memegang peran penting terkait langkah Honda di Indonesia mempopulerkan teknologi elektrifikasi e:Technology melalui mesin hybrid bernama e:HEV.

Manfaat langsung bagi konsumen dari teknologi tersebut antara lain ialah mobil yang lebih irit bahan bakar, tapi tetap bertenaga.

Selain itu juga sebagai bentuk upaya menekan emisi gas buang atau mewujudkan netralitas karbon. 

Dalam perjalanan selama 4 hari ini, tim benar-benar merasakan canggihnya teknologi e:HEV yang secara pintar mengatur sendiri antara penggunaan mesin bakar internal atau motor elektriknya.

Host Niat Mudik Honda

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Jangan kaget ketika mobil terasa benar-benar halus melaju dalam kecepatan rendah ibarat full listrik. Sebab ada kalanya hanya mengandalkan motor elektrik.

Namun, mobil ini juga gampang diajak berlari terlebih ketika mesin bakar internal dan motor elektrik saling bahu membahu menghadirkan tarikan yang sigap untuk berakselerasi.

Rute Perjalanan

Secara umum perjalanan menyusuri jalur mudik ini mengambil rute dari Jakarta hingga Madiun, Jawa Timur yang totalnya menghabiskan jarak sejauh 771,9 km. Terdapat beberapa kota yang disinggahi, yaitu Tegal dan Salatiga.

Perjalanan yang baik tentunya mesti diawali dengan persiapan matang. Untuk itu kami mampir dulu ke diler resmi Honda Trimegah BSD guna memastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Perjalanan pun dimulai dengan menggunakan rute yang didominasi jalan tol. Namun, mobil juga banyak melewati jalanan biasa dengan kepadatan lalu lintas mewarnainya.

Misalnya ketika mampir ke Tegal untuk berburu hidangan buka puasa dan mengunjungi ikon kota di sana. Bahkan tim menjumpai kondisi lalu lintas lebih padat lagi begitu sampai Salatiga ditambah rute jalan yang naik turun.

All New Honda CR-V di Madiun

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Konsumsi Bahan Bakar All New Honda CR-V RS e:HEV

Aspek efisiensi bahan bakar menjadi perhatian utama dalam perjalanan ini. Tujuannya tentu untuk memberikan gambaran seberapa irit konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) All New Honda CR-V RS e:HEV terlebih ketika digunakan perjalanan jarak jauh seperti mudik.

Pengukuran dilakukan menggunakan metode full to full sekaligus mengacu pada angka rata-rata yang ditampilkan Multi Information Display (MID).

Pengumpulan data dimulai sejak tiba di Tegal setelah menempuh perjalanan sejauh 311,1 km dari lokasi keberangkatan. Pada fase pertama perjalanan ini didapat rata-rata konsumsi BBM 21,2 km/l berdasarkan MID dan 18,77 km/l menurut perhitungan full to full.

Perjalanan dari Jakarta menuju Tegal melewati rute tol yang relatif lancar dan datar. Namun, terpantau adanya perbaikan jalan tol di beberapa titik yang menyisakan satu lajur saja sehingga memaksa mobil harus sering mengurangi kecepatan.

All New CR-V Isi Bensin

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Pengambilan data kembali dilakukan ketika tiba di Salatiga yang berjarak 581,6 km dari lokasi keberangkatan. Pada fase ini rata-rata konsumsi BBM berdasarkan MID adalah 18,8 km/l sedangkan menurut perhitungan full to full adalah 17,7 km/l.

Perjalanan dari Tegal menuju Salatiga menghadirkan tantangan tersendiri. Walau sama-sama menggunakan rute jalan tol, tapi medannya naik turun yang terkadang mengharuskan pedal gas diinjak lebih dalam.

Belum lagi ditambah perbaikan-perbaikan jalan yang masih terlihat sehingga mengharuskan kecepatan berkendara berkurang. 

Pengambilan data terakhir dilakukan ketika mobil tiba di Madiun yang berjarak 771,9 km dari lokasi keberangkatan. MID menunjukkan angka rata-rata konsumsi BBM 19,2 km/l dan menurut perhitungan full to full didapat angka 17,1 km/l.

Jalan Tol Semarang Yogya

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Perjalanan dari Salatiga menuju Madiun tergolong singkat dan bisa dibilang tidak ada tantangan berarti yang berpotensi memengaruhi konsumsi BBM. Oleh karena itu wajar jika angkanya membaik setidaknya yang ditunjukkan oleh MID.

Berdasarkan catatan konsumsi BBM tersebut dapat disimpulkan All New Honda CR-V RS e:HEV tergolong sebagai mobil yang irit bahan bakar. Sangat pas sebagai pilihan bagi konsumen baik untuk penggunaan di dalam kota ataupun perjalanan jarak jauh.

Adapun performa mobil ini ditunjang oleh mesin berkapasitas 1.993 cc ditambah motor elektrik lengkap dengan baterai lithium.

Cara Kerja Teknologi e:HEV

Teknologi e:HEV boleh dibilang sebagai rahasia di balik iritnya konsumsi BBM All New Honda CR-V RS e:HEV. Cara kerjanya dilengkapi dengan empat mode yang masing-masing dapat aktif dengan sendirinya.

Contohnya ketika mobil baru mulai melaju dalam kecepatan rendah maka mode EV Drive yang akan bekerja. Pada mode ini berarti mobil hanya mengandalkan motor elektrik untuk menggerakkannya jadi serasa mobil listrik.

All New CR-V di Madiun

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Selanjutnya tersedia mode Engine Drive yang menggunakan mesin pembakaran internal sebagai kekuatan utama.

Nah, ketika mobil mulai berakselerasi lebih kencang lagi maka mode Hybrid Drive bakal akif memberikan performa maksimal. Itu artinya mobil mendapatkan dorongan dari mesin bakar internal dan motor elektrik sekaligus.

Sedangkan ketika mobil sudah mencapai kecepatan yang konstan maka mesin akan kembali lebih dominan digunakan.

Terakhir adalah Regenerative yang bakal aktif ketika mobil mengurangi kecepatan. Sistem akan mengubah gaya pengereman menjadi energi listrik untuk disimpan di baterai.

Khusus Regenerative, Honda menyediakan pilihan transmisi “B” untuk memaksimalkan kerjanya. Keberadaannya juga berhubungan dengan Deceleration Paddle Selectors yang berada di balik lingkar kemudi.

Baca juga: Berbeda dengan “D”;, Ini Fungsi Transmisi “B” pada All New Honda CR-V Hybrid

All New Honda CR-V RS e_HEV di Madiun

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Mode-mode tersebut bekerja secara otomatis dengan kata lain sistem bakal memilih mode yang tepat dengan sendirinya.

Namun, selain itu All New CR-V RS e:HEV juga dilengkapi tiga mode berkendara yang terdiri dari ECON Mode, Normal Mode, dan Sport Mode. Tiga mode ini bisa dipilih secara manual oleh pengendara melalui tombol yang berada di konsol tengah.

Bukan Hanya Irit, Tapi Juga Nyaman

Interior CR-V

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Selain konsumsi BBM irit, kenyamanan mobil ini juga menjadi faktor yang berkesan selama perjalanan melintasi jalur mudik lalu. Mesti diakui All New Honda CR-V RS e:HEV memiliki kabin luas dan bantingan suspensi nyaman layaknya mobil sedan.

Kedua hal itu bakal terasa betul manfaatnya ketika melakukan perjalanan jauh bahkan yang memakan waktu berhari-hari seperti tim Carmudi, AutoFun, dan Mobil123 lakukan.

Terlebih lagi dengan dukungan fasilitas-fasilitas premium, misalnya power panoramic sunroof, wireless Android Auto dan Apple Carplay, serta sistem audio dari BOSE yang mengandalkan 12 speaker.

Fitur-fitur tersebut sangat berguna untuk menghadirkan hiburan dan kenyamanan sepanjang perjalanan.

All New Honda CR-V RS e_HEV (1)

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Sedangkan jika bicara akomodasi, mobil ini punya fitur power tailgate dan ruang bagasi yang luas. Benar-benar sangat pas untuk perjalanan mudik setiap tahunnya.(ADV)

Baca juga: Tampil Memikat, Cek Pajak Tahunan Honda CR-V Hybrid

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas 

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts