Site icon Carmudi Indonesia

Mobil Daihatsu yang Paling Banyak dan Sedikit Terjual Sepanjang 2021

Mobil Daihatsu Terjual

Jakarta – Mobil Daihatsu yang terjual sepanjang 2021 mengalami peningkatan signifikan ketimbang tahun sebelumnya.

Dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (13/1/2022) kemarin, Daihatsu membeberkan total penjualan retail (dari diler ke konsumen) yang dicapai selama periode Januari-Desember 2021 sebanyak 151.107 unit. Angka tersebut meningkat tajam sekira 51,1% ketimbang 2020.

Peningkatan angka penjualan Daihatsu tak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan stimulus berupa diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sebesar 100% untuk mobil dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc dan menggunakan komponen lokal minimal 60%.

Booth Daihatsu GIIAS 2021 (Foto: Santo/ Carmudi)

Program tersebut berlaku sejak Maret sampai Desember.

Sementara jika dilihat dari masing-masing model mobil Daihatsu, hampir semuanya tumbuh. Namun, di sisi lain ada model mobil Daihatsu yang terjual paling banyak dan ada pula yang sedikit.

Berdasarkan data penjualan yang dirilis oleh Daihatsu, mobil baru yang paling banyak terjual justru bukan dari segmen kendaraan penumpang melainkan kendaraan komersial jenis pikap.

“Yang paling banyak tentunya Gran Max Pick-Up dengan jumlah 39 ribuan unit. Itu kalau dihitung kontibusinya dari total penjualan Daihatsu sekitar 26 persen,” tutur Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Sementara itu, mobil Daihatsu yang paling sedikit penjualannya adalah Sirion. Hendrayadi menuturkan, hal itu disebabkan karena distribusi Sirion ke Indonesia sempat mengalami gangguan.

(Foto: Daihatsu)

“Sirion yang paling kecil (penjualannya) karena ini memang juga terkendala dalam hal suplai. Karena Sirion adalah produksi dari Malaysia,” terang dia.

Untuk lebih jelasnya berikut angka penjualan model mobil Daihatsu dari mulai yang paling banyak hingga sedikit terjual sepanjang 2021.

Daihatsu Sirion (Foto: Daihatsu)

Daihatsu Tak Tergoyahkan di Posisi Kedua

Daihatsu bersyukur dapat melewati 2021 dengan catatan penjualan yang positif. Capaian selama satu tahun penuh berhasil mempertahankan posisi Daihatsu sebagai merek mobil terlaris kedua di Indonesia.

Selain itu, pabrikan berlogo ‘D’ ini berhasil meraih market share sebesar 17,5%.

“Daihatsu dapat mempertahankan peringkat 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 13 tahun berturut-turut. Semoga capaian positif ini dapat terus berlangsung, dan pasar otomotif nasional tahun 2022 ini dapat terus bergairah,” pungkas Hendrayadi.

Penulis: Santo Sirait

Exit mobile version