Miskin Fitur Keselamatan, Hasil Uji Tabrak Renault Kwid Mengecewakan

Jakarta – Lembaga pemeringkat keselamatan Global NCAP, baru saja merilis hasil uji tabrak Renault Kwid. Hasilnya sangat mengecewakan, karena nilainya jauh dari skor maksimal. Mobil Renault Kwid yang diuji merupakan buatan India untuk pasar Afrika Selatan.
Setelah melakukan serangkaian uji tabrak, Global NCAP memberikan skor 7,78 kepada Renault Kwid untuk kategori penumpang dewasa (Adult Occupant Protection/AOP). Capaian tersebut masih jauh dari skor maksimal 17.00. Sedangkan pada kategori perlindungan penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP) meraih skor 19.68 dari maksimal 49.00.
Dari skor yang didapat, Global NCAP hanya memberikan dua bintang dari maksimal lima bintang. Peringkat 2 bintang masih belum memenuhi standar keselamatan global. Demikian seperti dilansir dari Rushlane, Jumat (4/12/2020).
Skor buruk yang diraih Renault Kwid karena SUV ini miskin fitur keselamatan. Berdasarkan catatan dari Global NCAP, mobil ini hanya memiliki sabuk pengaman, airbag depan (pegemudi dan penumpang), ABS 4 Channel, dan Seatbelt Reminder (SBR). Jadi wajar jika Renault Kwid memiliki tingkat keselamatan dan keamanan yang sangat rendah dalam melindungi penumpang di kabin.
Renault Kwid yang Dijual di Indonesia Tidak Aman
Pada 2018 lalu, Lembaga pengujian mobil-mobil baru di Asia Tenggara atau ASEAN NCAP juga pernah melakukan uji tabrak terhadap Renault Kwid. Hasilnya jauh dari kata membanggakan. Mobil yang diuji adalah buatan India yang dipasarkan ke Indonesia.
Renault Kwid tidak mendapat bintang sama sekali, itu artinya Sport Utility Vehicle (SUV) kompak berkelas Eropa ini tidak aman.
Sesuai dengan metodologi ASEAN NCAP, Renault Kwid mencetak 10,12 poin untuk hasil tes bagi perlindungan penumpang dewasa. Sedangkan perlindungan terhadap penumpang anak-anak nilainya di bawah batas aman yaitu 14,56 poin dan nol poin pada kategori Safety Assist Technologies (SATs).
Kwid yang menjalani uji tabrak ASEAN NCAP sangat minim sekali fitur keselamatan. Mobil ini hanya menawarkan satu airbag saja itu pun khusus untuk pengemudi. Tidak ada ABS, stability control, pengingat penggunaan seat belt, dan ISOFIX.
Bukan kali ini saja, Kwid juga sempat menjalani uji tabrak sekira dua tahun lalu. Hasil yang diterbitkan oleh Global NCAP pada Mei 2016, mobil tersebut mendapat nol bintang.
Namun, ketika dites ulang pada September, Kwid bisa meningkatkan skornya menjadi 1,5 bintang karena perusahaan telah menambahkan sejumlah fitur baru.
Penulis: Santo Sirait
Editor: Dimas Hadi
Baca Juga: Fitur Dipangkas, Renault Kwid Varian Terendah Dijual dengan Harga Murah