Berita Sepeda motor Sumber informasi

Menilik Performa Sangar Suzuki GSX R150

Jakarta – Persaingan sengit kini tengah terjadi di segmen motor sport Full Fairing untuk kelas 150 cc. Pertarungan di segmen ini sudah dimulai oleh Yamaha dan Honda.

Kedua pabrikan ini masing-masing menghadirkan jagoannya, yakni Yamaha R15 dan Honda CBR 150R. Keduanya cukup diterima pasar di Indonesia dan mempunyai konsumen loyal masing-masing.

Performa

Komparasi Tiga Motor Sport 150 cc

Kemunculan Suzuki GSX 150R, semakin memicu persaingan di segmen ini. Dibekali segudang fitur dan teknologi terkini, GSX R150 menghadirkan performa mesin yang sangar.

Lima Senjata Ampuh GSX R150

Mesin Suzuki GSX R150 Berbasis Satria F150 FI

Suzuki membekali GSX R150 dengan mesin DOHC, berkapasitas 147.3 cc, 4-katup, silinder tunggal, dan berpendingin cair. Mesin ini berbasis dari Suzuki Satria F150 FI.

Perbedaannya terletak pada rasio gir, mapping engine control unit, dan desain injektor. Satria F150 menggunakan injektor 8 lubang, sementara untuk GSX R150 menggunakan 10 lubang.

Performa Suzuki GSX R150

Performa yang dihasilkan Suzuki GSX R150, terbilang buas. Tenaga maksimal yang dimuntahkan sebesar 14.1 kW (19.1 dk) pada 10.500 rpm. Torsi puncaknya mencapai 14 Nm pada 9.000 rpm.

performa

Perbandingan tiga mesin motor sport di kelas 150 cc

Sementara Yamaha R15 hanya sanggup melontarkan tenaga 12.2 kW pada 8.500 rpm, dengan torsi maksimalnya 14.5 Nm di 7.500 rpm. Sedangkan Honda CBR 150R memiliki tenaga 12.6 kW pada 9.000 rpm, dan torsinya berkisar 13.7 Nm di 7.000 rpm.

Tak ayal lagi, GSX R150 mampu melesat lebih kencang. Hal ini karena tenaga yang dihasilkan pada putaran mesin tinggi, tak membuatnya kehilangan tenaga.

Asupan Bahan Bakar Fuel Injection

Tenaga yang dihasilkan mesin Suzuki GSX R150, sudah pasti lebih gahar dibandingkan kedua kompetitornya. Ditunjang dengan desain bodi yang ramping, membuat motor ini mampu melejit dengan cepat.

Selain memiliki mesin yang bertenaga, motor ini juga diklaim irit bahan bakar. Efisiensi terjadi karena sudah dibenamkan sistem fuel injection (FI).

performa

Tampilan samping Suzuki GSX R150

Bobot Suzuki GSX R150 Paling Ringan

Dibandingkan dengan para pesaingnya, Suzuki GSX R150 memiliki bobot ringan, yakni 131 Kg. Sementara dua kompetitor utamanya, Honda CBR 150R dan Yamaha R15, masing-masing memiliki bobot 135 Kg dan 136 Kg.

Akeselerasi Prima

Memiliki tenaga yang lebih besar, dan bobot motor yang lebih ringan, membuat Suzuki GSX R150 mampu berakselerasi dengan cepat. Hal ini karena adanya perbandingan power to wight ratio motor.

Semakin besar angkanya, maka motor makin berpeluang melesat semakin cepat. Selain itu, tak menutup kemungkinan kalau GSX R150 sanggup mencapai top speed lebih tinggi dibandingkan lawannya. (Dol)

Spesifikasi Suzuki GSX150

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1,975 x 670 x 1,070 mm
Berat Kosong 126 kg
Jarak Terendah Ke Tanah 150 mm
Tinggi Jok 785 mm
Wheelbase 1,300
Mesin
Tipe Mesin Water-cooled, 4-stroke
Volume Silinder 147.3
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection
Gigi Transmisi 6-speed, return
Power maksimum 19.17 hp
Torsi maksimum 14 Nm
Rangka
Rem Depan disc
Rem Belakang disc
Roda dan Ban Alloy, Tubeless
Fitur
Lampu Utama LED
Panel Digital

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts