Mencicipi Hyundai Avante N di HMG Driving Experience Center
Taean – Hyundai Avante N memiliki karakter sporty yang terlihat dari desain eksterior maupun interiornya. Didukung oleh performa mesin bertenaga membuatnya nyaman untuk dikendarai.
Baru-baru ini PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengundang rekan-rekan media termasuk Carmudi berkunjung ke negara tempat kelahiran Hyundai, yakni Korea Selatan.
Ada beragam aktivitas yang dilakukan selama berada di sana, antara lain berkunjung ke kantor pusat Hyundai Motor Company (HMC), Hyundai Motorstudio Goyang, Hyundai Motorstudio Seoul, Genesis Suji, hingga Hyundai Motor Group (HMG) Driving Experience Center.
Tempat yang disebutkan terakhir di atas merupakan lokasi puncak dari semua kegiatan selama di Korea Selatan. Oleh karena itu beragam suguhan spesial disiapkan oleh Hyundai bagi rekan-rekan media, salah satunya mencicipi langsung Hyundai Avante N.
Sebagai informasi, HMG Driving Experience Center merupakan fasilitas driving experience dan brand experience untuk merek-merek di bawah naungan HMG, yaitu Hyundai, KIA, dan Genesis.
Lokasinya berada di Taean, Provinsi Chungcheong Selatan.
HMG Driving Experience Center Taean memiliki proving ground dengan delapan jenis lintasan, meliputi Braking Course, Dry Handling Circuit, Wet Handling Circuit, High Speed Oval, Vehicle Dynamics Area, Wet Circular Course, Kick Plate Course, dan Off-road Courses.
Setiap lintasan didesain untuk mengakomodasi berbagai gaya berkendara dan manuver, mulai dari slalom, drift, cornering, hingga teknik berkendara di situasi darurat dan kondisi ekstrem.
HMG Driving Experience Center Taean berdiri diatas lahan seluas 1,26 juta meter persegi. Di area yang sama terdapat pula bangunan dua tingkat seluas 100.223 meter persegi.
Lebih lanjut, seperti yang telah disampaikan tadi, bahwa rekan-rekan media termasuk Carmudi mendapat kesempatan untuk mencicipi Hyundai Avante N di area yang sudah disiapkan dan dibimbing langsung oleh instruktur profesional dari HMG Driving Experience Center.
Sebelum membahas lebih jauh mengenai sensasi mengendarai Hyundai Avante N, ada beberapa hal yang perlu diketahui dahulu tentang model ketiga dari merek N tersebut.
Mengenal Secara Singkat Hyundai Avante N
HMG pertama kali memperkenalkan merek N di Korea Selatan lewat kehadirian Veloster N pada Juni 2018. Sekitar tiga tahun kemudian, Hyundai merilis Kona N ke pasar pada April, disusul Avante N atau dikenal juga dengan sebutan Elantra N pada Juli .
Avante N merupakan sedan pertama dari merek N berperforma tinggi Hyundai.
Model satu ini memiliki panjang tubuh 4.675 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.415 mm, dan jarak sumbu roda 2.720 mm.
Avante N memiliki sejumlah perangkat spesial dibagian eksteriornya, antara lain variable exhaust valve system yang bisa menghasilkan suara dentuman dari knalpot, dual compound insulator di suspensi depan, wider tire, larger brake disc dan N Sound Equalizer (NSE).
Sedangkan di bagian interiornya terdapat elemen bermerek N, termasuk di setir, shifter, jok, door scuff panels, metal pedals, dan lainnya.
Untuk memaksimalkan kenikmatan berkendara, Hyundai juga menyertakan beberapa fitur khas merek N, seperti N Grin Shift (NGS), N Power Shift (NPS) dan N Track Sense Shift (NTS).
Beralih ke soal performa, Avante N dibekali mesin 2.0 liter (1,998 cc) turbo yang dipadukan dengan Dual Clutch Transmission (DCT) 8 percepatan. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut sebesar 276 hp pada 5.500-6.000 rpm torsi puncak 392 Nm pada 2.100-4.700 rpm.
Bila menggunakan NGS tenaganya meningkat menjadi 286 hp. Hasilnya, akselerasi mobil dari posisi diam sampai 100 km/h hanya 5.3 detik.
Sensasi Berkendara Hyundai Avante N
Sebelum memulai mengendari langsung Avante N semua rekan media mendapat arahan terlebih dahulu dari instruktur HMG Driving Experience Center. Mulai dari pembagian kelompok, perkenalan sirkuit, hingga rintangan yang nantinya akan dilakukan selama berada di area test drive, antara lain slalom, target braking, dan circuit driving.
Rekan-rekan media dibagi menjadi delapan kelompok dengan dua bagian. Satu kelompok berisi lima orang. Masing-masing mendapat satu unit Avante N.
Rintangan pertama yang dilalui saat itu yakni slalom. Rekan-rekan media termasuk Carmudi diminta untuk berkendara zig-zag yang dibatasi cone dengan laju kendaraan 40 km/jam.
Kendati saat itu hujan deras dan aspal basah, mobil dengan mudah dikendalikan dan stabil serta mantap saat diajak bermanuver belok kanan-kiri.
Usai melalui jalan zig-zag kemudian langsung masuk ke rintangan berikutnya, pegujian rem. Di mana setiap pengemudi harus menginjak pedal gas di kecepatan tertentu hingga maksimal 80 km/jam di trek lurus lalu secara tiba-tiba melakukan pengereman.
Saat melakukan sesi ini Carmudi berpendapat performa mesin Avante N sangat terasa saat pedal gas mulai di injak. Menariknya ketika pedal rem diinjak hingga mentok secara mendadak, mobil bisa berhenti sempurna meski kondisi aspal tergenang air.
Sesi terakhir adalah berkendara di sirkuit yang memiliki panjang 3,4 km dengan 16 tikungan. Sesi kali ini, dipandu langsung oleh instruktur yang juga mengendarai model mobil serupa. Posisinya berada paling depan dan diikuti oleh lima mobil dibelakangnya yang dikendarai oleh rekan media.
Instruktur mengajak setiap pengemudi merasakan akselerasi dan handling dengan kecepatan mobil yang cukup tinggi dan melakukan pengereman halus ketika hendak melintasi tikungan.
Selama di sirkuit Carmudi merasakan nikmatnya berkendara Avante N, salah satu yang paling menarik yaitu mobil ini memiliki grip ke aspal yang sangat baik tanpa ada gejala oversteer maupun dan understeer walaupun kondisi aspal sangat basah.
Bisa dikatakan mobil ini sangat menarik untuk dimiliki terlebih Hyundai telah meraciknya sedemikian rupa supaya dapat dijadikan sebagai kendaraan harian. Namun, sayang HMID belum memasarkan Hyundai Avante N untuk konsumen di Tamah Air.
Penulis: Santo Sirait
Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!