Berita Mobil Sumber informasi

Mazda CX-9 Hadir untuk Pemilik Fortuner dan Pajero Sport yang Mau Naik Kelas

Penulis: Santo Evren Sirait.

Jakarta – Mazda All New CX-9 resmi meluncur beberapa hari lalu. Bermain di segmen medium Sport Utility Vehicles (SUV), Mazda yakin tidak ada pesaing langsung dari All New CX-9 apalagi yang sama-sama dari brand Jepang.

Pesaingnya ada dari brand Eropa, namun demikian harga yang ditawarkan di atas Rp1 miliar. Sementara Mazda All New CX-9 yang juga menyasar kalangan konsumen premium hanya dijual dengan harga Rp798,8 juta on the road Jakarta.

“Kalau kita lihat ini (Mazda All New CX-9) memang yang premiun di atas brand Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Memang kita sengaja memposisikan di atas itu karena masih ada gap (celah kosong) antara segmen yang harga Rp500-600 jutaan dengan luxury SUV. Seperti Lexus yang harganya di atas Rp1 miliar,” ujar Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI.

Dijelaskannya, karena ada celah kosong antara mobil SUV yang berada di harga di antara Rp600 ke Rp1 miliar. Maka pihaknya memberanikan diri untuk memasarkan SUV dengan harga hampir Rp800 juta. Selain itu tambahnya Mazda All New CX-9 bisa menjadi alternatif bagi konsumen yang mau membeli SUV premium tapi harganya tidak sampai Rp1 miliar.

“Untuk menjembatani segmen yang masih kosong itu, mungkin ada beberapa peminat SUV seven seater yang belum bisa naik kelas di atas Rp1 miliar. Yah kita sediakan di tengahnya dulu. Secara harga Mazda All New CX-9 mungkin enggak ada kompetitor, karena itu di tengah. Kalau dari Eropa kan di atas Rp1 miliar semua. kalau enggak salah rata-rata cuma dua baris kursi,” tambah Roy.

Roy tidak menampik bila perusahaan juga menyasar pelanggan yang sebelumnya menggunakan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport untuk beralih ke Mazda All New CX-9 supaya naik kelas.

“Intinya yang ingin naik kelas (konsumen Pajero Sport dan Fortuner) jadi di tengah-tengah harganya,” tutur Roy.

Target Penjualan Mazda CX-9 Terbaru

Mazda CX-9

Mazda CX-9 yang telah dibekali teknologi Turbo. Foto/Carmudi.

Tanpa pesaing langsung EMI yakin bisa sukes menjual Mazda All New CX-9. Sepanjang tahun ini EMI menetapkan target penjualan yang cukup tinggi bagi CX-9 terbaru.

“Targetnya kita tahun ini sekira 700 unit untuk CX-9,” pungkas dia.

Sumber tenaga mobil ini berasal dari mesin bensin Skyactive-G berkapasitas 2,5 L empat silinder DOHC 16V dengan turbocharged. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sekuat 228 hp pada 5.000 rpm dan torsi puncak 420 Nm pada 2.000 rpm.

Tenaga disalurkan ke roda depan lewat transmisi otomatis 6 percepatan. Dengan berat kendaraan sekira 2.505 kilogram Mazda All New CX-9 mampu melaju dalam posisi diam sampai 100 kilometer per jam hanya 8,2 detik. Sementara kecepatan tertinggi 210 km/jam.

Ada empat pilihan warna untuk Mazda All New CX-9, seperti Soul Red Crystal Metallic, Machine Grey Metallic. Ada juga Snowflake White Pearl Mica, dan Jet Black Mica. Khusus untuk warna unggulan Mazda yaitu Soul Red Crystal Metallic, dan Machine Grey Metallic, perusahaan mengenakan tambahan harga. Yaitu kurang lebih Rp4 jutaan. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts