Masuk Kuartal IV, Penjualan Daihatsu Sigra Masih yang Teratas
Jakarta – Memasuki kuartal keempat tahun ini, penjualan Daihatsu Sigra masih menduduki posisi teratas. Hal ini menandakan bahwa, mobil yang bertarung di segmen LCGC itu sampai dengan saat ini masih jadi incaran konsumen yang mencari kendaraan keluarga dengan harga cukup terjangkau.
Sepanjang perjalanan pasar otomotif mulai dari Januari sampai Oktober 2020, penjualan ritel (distribusi dari diler ke konsumen) mobil Daihatsu menyentuh angka 81.623 unit.
Capaian tersebut berhasil membawa pabrikan berlogo “D” memperoleh peningkatan market share menjadi 18% dibandingkan periode sama 2019 lalu.
Penyumbang terbesar penjualan ritel Daihatsu sepanjang 2020 adalah Sigra. Bila ditotal, penjualan Daihatsu Sigra dari awal tahun hingga bulan lalu mencapai 21.700 unit atau berkontribusi sebesar 26,6%.
Lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 19.058 unit (23,3%), dan Terios 11.891 unit (14,6%). Selanjutnya Ayla 10.478 unit (12.8%), Xenia 7.968 unit (9,8%), Gran Max MB 8.081 unit (9,9%), Luxio, dan Sirion totalnya 2.447 unit (3,0%).
Whole Sales Daihatsu
Sedangkan pada whole sales (distribusi dari pabrik ke diler), secara total mencapai 77.471 unit pada periode yang sama. Angka itu memberikan peningkatan market share menjadi 18,4% jika dibandingkan periode Januari-Oktober 2019 sebesar 17,7%.
Model yang berkontribusi terbesar dari segi whole sales hingga Oktober 2020 yaitu Daihatsu Sigra. Mobil dengan kemampuan menampung hingga 7 penumpang ini telah didistribusikan ke diler sebanyak 21.661 unit. Angka tersebut menyumbang 28,0 % dari total whole sales Daihatsu.
Di posisi beriktunya ada Gran Max PU dengan total whole sales 18.277 unit (23.6%), Terios 10.396 unit (13,4%), dan Ayla 11.615 unit (15,0%). Model Daihatsu lainnya, Gran Max MB 7.040 unit atau memberikan kontribusi 9,1%, diikuti Xenia 6.824 unit (8,8%), Luxio dan Sirion totalnya mencapai 1.685 unit (2,2%).
“Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tetap mencatatkan hasil positif. Marilah kita tetap semangat, jaga kesehatan, selalu berpikir positif, dan tetap mempersiapkan diri yang terbaik untuk menghadapi masa depan”, ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan resminya, Kamis (12/11/2020).
Belum Menunjukkan Pergerakan Signifikan
Mengawali kuartal keempat penjualan mobil secara nasional pada Oktober masih belum menunjukkan pergerakan secara signifikan. Secara nasional, penjualan mobil baru hingga Oktober 2020, berada di kisaran 450 ribu unit untuk retail sales. Sedangkan whole sales sekira 420 ribu unit.
Secara bulanan, retail sales Daihatsu pada Oktober 2020 tercatat sebanyak 8.135 unit. Naik sekitar 5,4% dibandingkan September 2020 lalu sebesar 7.721 unit.
Penulis: Santo Sirait
Editor: Dimas
Baca Juga: Keren, Produksi Kendaraan Daihatsu Tembus 30 Juta Unit