Kuasai 38,1 Persen, Mitsubishi Fuso Siapkan Strategi hingga Rilis Model Baru

Jakarta – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation di Indonesia mengaku berhasil menguasai pangsa pasar 38,1 persen di 2024.
Memasuki 2025, KTB memiliki target untuk bisa menguasai pangsa pasar di angka 40 persen.
Aji Jaya, Sales and Marketing Director KTB mengungkapkan tahun lalu Mitsubishi Fuso berhasil mencatatkan penjualan di angka 27.683 unit. Sebanyak 25.219 unit dari total penjualan disumbang oleh Canter yang mengisi Light Duty Truck (LDT) dengan pangsa pasar 53,1 persen.
Lalu di segmen Medium Duty Truck (MDT), Fighter X berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 2.436 unit dengan menguasai pangsa pasar sebesar 13,3 persen.
“Kalau dibilang kondisi tahun lalu itu sangat menantang, tetapi Mitsubishi Fuso tetap mengamankan pangsa pasar sebagai market leader,” ujarnya saat buka puasa bersama di Pulomas, Jakarta Timur, Jumat (21/3/2025).
Baca juga: Penjualan 2024 Moncer, Mitsubishi Fuso Kembali Pimpin Segmen Kendaraan Niaga
Capaian lain yang ditorehkan, yakni berhasil membukukan angka transaksi hingga Rp1,4 triliun untuk bisnis aftersales mencakup part wholesale.
Lewat capaian tersebut, Fuso mengaku optimis dalam menyambut 2025 yang dinilai sangat dipenuhi dengan beragam tantangan.
“Prediksi market di tahun ini untuk segmen kendaraan niaga diperkirakan mencapai 73.000 unit karena seperti kita tahu, tahun ini cukup menantang,” tutur Aji Jaya.
Kendati demikian, bukan halangan bagi Mitsubishi Fuso untuk terus menghadirkan produk berkualitas dan memberikan layanan maksimal kepada para pelanggan.
Tahun ini, pihaknya berencana meluncurkan produk baru dan memperkuat perluasan layanan purnajual dengan menambah jaringan diler.
Tercatat hingga saat ini Mitsubishi Fuso sudah memiliki 223 jaringan diler yang diharapkan dapat memudahkan konsumen di seluruh Indonesia.
Selain itu, perusahaan juga menambah lokasi Bengkel Siaga 24 Jam menjadi 19 lokasi, 5 Service Point, 21 Parts Depo, 135 armada Mobile Workshop Service dan lebih dari 7.000 outlet Spare Parts.
Baca juga: Makin Gagah, Mitsubishi Fuso Segarkan Tampilan Fighter-X
Di kesempatan yang sama, mereka turut meluncurkan logo perayaan sebagai pengingat 55 Tahun kiprahnya di Tanah Air.
Logo yang mengandung simbol infinity atau tak terbatas berwarna emas tersebut melambangkan pelayanan yang tidak pernah putus dari hulu hingga ke hilir untuk seluruh konsumennya.
Penulis: Rizen Panji
Editor: Santo Sirait