Tampilan Berubah Drastis, Ini Kekurangan All New Toyota Rush
Jakarta – All New Toyota Rush memang dianggap jauh lebih baik dibandingkan generasi lawasnya, meski mobil pada dasarnya tetap memiliki kekurangan. Kekurangan Toyota Rush terbaru ini bisa mengganggu dan menjadi penghalang guna mengungguli para pesaing di kelasnya.
Baru-baru ini pihak Carmudi Indonesia mendapat kesempatan untuk melakukan test drive All New Toyota Rush. Dari hasil test drive, ditemukan beberapa kekurangan Toyota Rush yang menurut kami cukup mengganggu. Mulai dari performa putaran bawah dan atas, suspensi hingga stabilitas mobil.
Tenaga Mesin Berkurang di Atas Kertas
Meskipun All New Toyota Rush telah dijejali tipe mesin yang juga baru, namun di atas kertas tenaga yang dihasilkan ternyata sedikit lebih kecil dibanding mesin lawas.
Mesin lama Rush (3EZ) mampu menghasilkan tenaga sebesar 108 hp, sedangkan mesin anyar 2NR-VE yang disematkan pada All New Toyota Rush hanya menyemburkan tenaga 102 hp saja. Performa mesin barunya ini mungkin sedikit kurang bagi sebagian orang, untuk diandalkan sebagai mobil sehari-hari.
Tenaga yang diberikan konfigurasi mesin baru ini memang cukup berisi dan tidak ‘ngempos‘ saat ditambah gas pada putaran atas. Hanya saja jika memulai berakselerasi dari putaran bawah, untuk menyentuh kecepatan 90-100 km/jam akselerasinya dinilai lambat.
Beratnya tarikan dari putaran bawah ini disinyalir karena penggunaan transmisi jadul 4-percepatan. Selain lambat, perpindahan naik-turun giginya juga terasa kasar.
Bisa disimpulkan, mesin baru All New Toyota Rush membawa karakter Toyota Avanza yang cukup kental karena mesin ini juga disematkan pada low MPV tersebut. Sangat disayangkan All New Toyota Rush tidak diberikan opsi kapasitas mesin yang lebih besar sehingga karakternya sebagai SUV tersamar layaknya low MPV biasa.
Limbung yang Tak Kunjung Hilang
Jika Anda pemilik Toyota Rush lawas, mungkin sudah tidak asing lagi dengan pengendaliannya yang serba limbung. Ini merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi Toyota terkait rancang bangun low SUV ini.
Gejala limbung masih terasa terutama di trek lurus yang disinyalir karena ground clearance mobil yang cukup tinggi. Ground clearance All New Toyota Rush mencapai 220 mm, ini bahkan lebih tinggi dari Toyota Fortuner yang ‘hanya’ 193 mm saja.
Untuk lebih jelas tentang hasil test drive Toyota Rush, simak langsung videonya di bawah ini. (dna)