Reviews

Hyundai i10 2008, Mobil Kecil Terlengkap di Kelasnya

Makin maraknya segmen kendaraan mini,di mana persaingan terjadi dengan cukup sengit membuat Hyundai mengeluarkan produk terbarunya, Hyundai i10 2008. Namun, i10 bukanlah produk perdana lansiran pabrikan asal Korea Selatan tersebut, karena Hyundai sebelumnya sudah menggelontorkan Getz dan bertarung dengan sesama produkan asal Negeri Ginseng tersebut, Kia Picanto.

Hyundai i10 termasuk dalam kelas city car dan modelnya hatchback lima pintu. Dibandingkan dengan para pesaing di segmen yang sama, i10 menyodorkan fitur-fitur terdepan di kelasnya dan pembaruan di sektor interior. Semua hal yang diinginkan pada sebuah mobil mungil, ditawarkan dalam balutan i10 dan inilah alasannya.

(Hyundai i10 2008)

(Hyundai i10 2008)

Desain Interior Hyundai i10

Interior Hyundai i10 menampilkan suasana ruang kabin yang cukup lapang, mengingat dimensinya sebagai sebuah mobil mungil. Ruang yang tersedia bagi pengemudi dan penumpang cukup lega, di mana jok baris kedua sanggup menampung 3 orang dewasa dengan cukup nyaman. Hyundai juga mendesain agar keempat roda i10 keluar dari sudut terjauhnya, sehingga i10 mampu mengatasi guncangan di jalan dengan lebih baik lagi, dan hal tersebut sudah terbukti.

Sementara itu, kualitas interior i10 jauh lebih baik dibandingkan dengan para kompetitor di segmen yang sama. Hyundai melakukan banyak perombakan dan sangat memerhatikan detil, di mana hanya bisa ditemukan pada mobil-mobil mewah. Power windows, sistem pengunci pintu yang terpusat, keyless entry, dan juga wiper belakang sudah tersedia sebagai fitur standarnya. Inilah yang membuat Anda harus memerhatikan apakah i10 dihadirkan untuk menghancurkan pasaran harga kelas city car.

(Hyundai i10 2008)

(Hyundai i10 2008)

Fitur Hiburan

Hyundai membuat langkah yang cukup berani, di mana mereka memberikan jaminan selama 5 tahun atau 100,000 km. Tawaran itu menjadi salah satu jaminan tertinggi yang pernah diberikan oleh Hyundai di segmen tersebut, dan menjadi kedua tertinggi setelah Chery yang memberikan jaminan 150,000 km. Ada dua varian Hyundai i10, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Untuk versi otomatis, fitur hiburan standarnya disodorkan sistem stereo 4 spiker dan mampu berintegrasi dengan iPod. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengontrol seluruh lagu dan mengisi ulang iPod dari head unit, salah satu fitur yang bahkan tak tersedia pada beberapa mobil mewah. Selain itu, jok bagian belakang memiliki komposisi 60/40 dan bisa dilipat, sehingga memberikan keleluasaan untuk menambah kapasitas bagasi.

(Hyundai i10 2008)

(Hyundai i10 2008)

Perfoma Mesin Hyundai i10

Hyundai membekali i10 dengan mesin berkapasitas 1.1 liter dan mampu menyemburkan tenaga hingga 65 dk, sehingga Anda bisa mengharapkan performa mumpuni dari sebuah mobil mungil. Pada saat putaran mesin tinggi, suara mesinnya terdengar cukup berisik. Namun, hal itu terjadi jika Anda menggebernya hingga mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam. Sementara yang cukup mengejutkan, i10 masih tetap stabil ketika melaju pada kecepatan tinggi, dan tak ada drama yang terjadi seperti yang diharapkan pada sebuah city car. Faktanya, i10 sangat stabil ketika melaju kencang dibandingkan dengan beberapa mobil mewah yang dipasarkan saat ini.

Sedangkan untuk pengendaliannya, i10 memang tak terlalu gesit ketika melakukan manuver, dengan radius putar yang tak seketat seperti yang diharapkan. Meski begitu, pengendaliannya tak mengecewakan. Untuk konsumsi bahan bakarnya, i10 terbilang cukup irit. Setelah melakukan pengetesan di jalanan dalam kota dan jalan bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya mencapai 12-15 km/l. Tak buruk sama sekali untuk sebuah mobil berjenis city car.

(Kompartemen mesin Hyundai i10 2008)

(Kompartemen mesin Hyundai i10 2008)

Kesimpulan

Hyundai i10 2008 layak dipertimbangkan sebagai kendaraan kecil yang murah dan irit bahan bakar. Dari segi kelengkapan fitur yang disodorkan, i10 berhasil mengalahkan para rivalnya dan memiliki nilai jual kembali yang masih cukup tinggi. Jaminan jangka panjang yang diberikan Hyundai juga memiliki nilai tersendiri, dan mampu memberikan jaminan yang lebih baik lagi pasar mobil kecil murah.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts