Ford Fiesta 2010: Tawarkan Kenyamanan Mobil Kompak
BERBICARA tentang Ford Fiesta, di Indonesia mobil ini terkenal dengan varian hatchback-nya. Sementara di beberapa Negara, varian sedan dengan pilihan mesin yang beragam juga tersedia. Berdasarkan data review dari majalah otomotif asal Filipina, C! Magazine berikut ini akan dijabarkan mengenai Ford Fiesta.
Secara umum ada dua pilihan mesin yang pertama mesin 1.4 liter dan 1.6 liter, dengan sistem transmisi 5 percepatan manual dan 6 percepatan otomatik. Untuk kali ini review Ford Fiesta hatchback dengan mesin 1.4 liter. Dari tenaga yang dikeluarkan, mobil kompak ini mampu menembus angka 96 tenaga kuda di putaran mesin 5.750 RPM dan mampu mencapai torsi maksimal 12,6 kg-m di 4.200 RPM. Semua itu berkat mesin tipe Duratec yang lebih bertenaga dibandingkan mesin 1.3 liter lainnya.
Dilengkapi dengan teknologi camshaft yang bernama twin independent variable camshaft timing (Ti-VCT), dimana katup bisa menghasilkan tenaga yang besat tapi di sisi lain bisa menghasilkan pembakaran yang maksimal sehingga lebih irit bensin. Sistem transmisi 5 percepatan dengan rasio gigi yang lebih pendek sehingga perpindahan gigi terasa lembut. Untuk sensasi sport, mungkin akan terasa lebih pendek. Tapi keuntungan lain adalah sedan ini memiliki tingkat kebisingan di dalam kabin yang minim. Hal itu bisa dibuktikan dalam medan yang menanjang dan membutuhkan tenaga besar. Hampir tidak terdengar raungan mesin masuk ke dalam kabin.
Bagi yang tidak menyukai teknologi tekini di sektor power steering elektrik, mungkin akan mengubah pendiriannya setelah menjajal mobil ini. Jika pada kemudi mobil lain sistem elektriknya terkadang berlebihan sehingga rasa berkendara menjadi lebih ringan bahkan hilang sensasi berkendaranya.
Untuk Fiesta, hal itu tidak terjadi karena sistem kemudinya yang elektrik seperti masih menggunakan sistem hidrolik. Dengan kelebihan itu, Anda bisa merasakannya saat akan melakukan parkir parallel atau pada kecepatan tinggi seperti 80-100 km/jam. Dalam kecepatan tinggi itu cobalah Anda melepas tangan dari kemudi dan lihat betapa lurusnya jalan dari Ford Fiesta ini.
Fitur Interior Menggoda
Untuk urusan pengereman, dengan memakan ABS mobil ini bisa berhenti secara baik dan benar. Pedal rem cukup responsif dan tidak terlalu keras sehingga membuat Anda dengan mudah atau secara lembut menginjak rem untuk mengurangi kecepatan.
Kemudian di sisi setir, ada satu kelebihan dari Ford Fiesta yang diunggulkan adalah fitur penyesuaian setir dan tempat duduknya. Bagi orang Asia duduk di belakang kemudi masih sangat nyaman, tapi bagi Anda yang memiliki tinggi di atas rata-rata orang Asia mungkin akan mengalami kesulitan atau tidak nyaman di dalam kabin.
Di dashboard, inspirasi diambil dari hand phone Vertu dimana semua tombol disusun seperti huruf V. Seperti tipe hatchback lainnya, sistem hiburannya juga terbilang komplet. Di bagian bagasi, Ford Fiesta memiliki volume yang terbaik di kelasnnya. Dengan komposisi 60:40, kursi bagian belakang bisa dilipat sehingga muatan bagasi bisa lebih luas. Tapi sayangnya, kursi belakang tidak bisa dicopot hanya bisa dilipat ke depan, sehingga agak tidak rata dengan bagasi, sama seperti Honda Jazz.