Berita Sumber informasi

Bagaimana Cara Klaim Garansi Ganti Baru Mobil Hyundai yang Kecelakaan Parah?

Cibubur — Hyundai menghadirkan program garansi ganti baru unit mobil yang rusak parah akibat kecelakaan untuk setiap konsumennya.

Program ini sebetulnya bukan hal baru karena sudah diberlakukan berbarengan dengan peluncuran Creta di GIIAS 2021 silam.

Seremoni serah terima penggantian unit Creta baru dalam program Replacement Guarantee Hyundai. (Foto: Carmudi)

Seremoni serah terima penggantian unit Creta baru dalam program Replacement Guarantee Hyundai. (Foto: Carmudi)

Tercatat, kini program bertajuk Hyundai Owner Assurance berlaku untuk dua model; Creta dan Stargazer.

Adapun layanan ganti baru ini berlaku jika nilai kerusakan unit melibihi 75 persen dari harga mobilnya.

Program yang hanya dimiliki Hyundai ini nyatanya bukan sekadar iming-iming.

Pasalnya, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) baru saja melaksanakan serah terima ganti unit baru untuk konsumen yang mengalami kondisi tersebut.

Mutia Ramadhanti yang saat itu tengah mengemudikan Hyundai Creta mengalami kecelakaan di Tol Cibubur pada Oktober lalu.

“Setelah kejadian itu, hal pertama yang saya lakukan adalah menekan tombol SOS (Emergency Assistance) yang ada di unit Creta saya,” katanya saat ditemui Carmudi, Kamis (8/12/2022) kemarin.

Mutia Ramadhanti didampingi kedua orang tua dalam acara serah terima ganti unit baru Hyundai Creta.

Mutia Ramadhanti didampingi kedua orang tua dalam acara serah terima ganti unit baru Hyundai Creta. (Foto: Carmudi)

Dirinya pun menuturkan pihak Hyundai langsung menghubunginya melalui Hyundai Bluelink yang terhubung dengan head unit mobil.

Call centre Hyundai Bluelink pun mengkonfirmasi peristiwa kecelakaan yang terjadi.

“Kira-kira sekitar 30 menit setelah saya dihubungi, mobil derek yang dikirimkan Hyundai datang dan mobil saya segera diangkut ke diler Hyundai terdekat,” ujarnya.

Memastikan semua proses berjalan baik, Hyundai menghubungi Mutia kembali saat perjalanan menuju diler.

“Ya, pihak call center Hyundai menghubungi saya kembali untuk memastikan situasi telah teratasi dengan baik. Menurut saya, proses dari pihak Hyundai sangat cepat tanggap dan mengutamakan sekali keselamatan para pelanggannya.”

Cara Klaim Asuransi Ganti Unit Baru

Setelah semua telah terkendali, pihak dari Mutia pun kemudian mencoba untuk mengeklaim program asuransi ganti unit baru.

Ia pun kemudian menghubungi marketing untuk langsung dihubungkan ke pihak asuransi Hyundai.

“Proses klaim asuransi mudah, kok, saya cukup kasih laporan polisi lewat WA,” katanya.

Setelah proses klaim selesai, dirinya pun mengatakan tidak perlu melakukan apa-apa lagi selain menunggu.

“Semuanya sudah sama pihak asuransi Hyundai, sampai pengurusan surat-suratnya juga,” jelasnya.

Hyundai Creta yang diklaim rusak hingga 96%. (Foto: Hyundai)

Hyundai Creta yang diklaim rusak hingga 96%. (Foto: Hyundai)

Hasil investigasi pun diterbitkan dan mobil Creta milik Mutia dinyatakan 96% rusak sehingga langsung diganti unit yang baru oleh Hyundai.

Di tempat yang sama, Head of Marketing Department PT HMID Astrid Ariani Wijana memastikan apa yang dialami Mutia pada Creta miliknya adalah wujud komitmen Hyundai untuk memberikan layanan terbaik.

Selain itu, proses cicilan Creta yang dibeli secara kredit tersebut tetap berjalan normal.

“Jadi customer akan koordinasi ke leasing mengenai insiden yang menimpanya dan mereka tetap membayar cicilan, hanya ada perubahan aset dari mobil lama ke baru,” tuturnya.

“Hyundai juga akan membantu menerangkan ke pihak leasing. Kredit lanjut normal,” tegasnya.

Adapun proses serah terima unit baru ini tidak lebih dari 2 bulan sejak insiden terjadi.

Penulis: Dimas Hadi

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play StoreDownload Carmudi di App Store

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: dimas.hadi@icarasia.com

Related Posts