Sepeda motor

Awas, Ganti Ban Motor Listrik Honda EM1 e: Tak Bisa Sembarangan!

Cikarang — Honda baru saja meluncurkan motor listrik EM1 e: dan EM1 e: Plus untuk pasar Indonesia secara resmi pada Kamis (12/21/2023).

Motor listrik yang diproduksi secara lokal di pabrik Pegangsaan, Jakarta Utara ini ternyata menyimpan hal unik yakni penggantian ban belakang.

Konsumen yang nantinya akan memiliki motor listrik berdaya jelajah 41,1 km ini diharapkan untuk mengganti ban belakang EM1 e: di bengkel resmi.

Reza Rezdie, bagian Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) membeberkan alasan mengapa ganti ban motor listrik EM1 e: tak bisa dilakukan selain di bengkel resmi.

ban honda em1

Ia mengatakan prosedur penggantian ban Honda EM1 e: cukup rumit, bahkan sampai harus membuka bagian bodi tengah untuk melepas kabel yang ada.

“Kalau mau ganti ban belakang itu disarankan datangnya ke bengkel yang ditunjuk e:Shop,” buka Reza kepada Carmudi saat ditemui di AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat.

Untuk melepas ban belakang pertama-tama bagian pelek terlebih dahulu harus dilepas karena terintegrasi dengan motor listrik.

Baca juga: Skema Kredit Motor Listrik Honda EM1 e:, Cicilan Mulai Rp1 Jutaan

“Kenapa harus ke sana (e: Shop), karena penggantian ban belakang itu harus melepas rodanya. Di situ ada kabel untuk daya, maka kabelnya harus dilepas,” sambungnya.

Kabel yang menempel tersebut memiliki jalur atau routing hingga ke bagian tengah sepeda motor.

Maka ketika akan mengganti ban belakang, bagian bodi tengah harus dibuka.

ban honda em1

“Untuk melepas kabel (routing) itu harus sampai ke bagian tengah. Maka bukan hanya membongkar rodanya saja, tapi ada beberapa bagian itu yang harus dibongkar untuk mengakses kabel yang terkoneksi ke PCU atau otaknya,” jelasnya.

Ketika melakukan penggantian ban di bengkel resmi, maka teknisi yang ada di situ sudah memiliki keterampilan khusus motor listrik.

Sehingga bisa dipastikan prosedur pelepasan hingga penggantian ban belakang tidak akan menimbulkan risiko kerusakan.

Bagaimana dengan ban depan?

Reza menegaskan bahwa ban depan Honda EM1 e: ini bisa dilakukan penggantian di bengkel ban manapun.

“Kalau ban depan itu bisa di mana saja, karena sama dengan motor pada umumnya,” pungkas Reza Rezdie.

Jika melihat spesifikasi kaki-kaki dari Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus keduanya sama-sama menggunakan pelek yang ukurannya berbeda.

Di depan disematkan pelek berukuran 12 inci yang dibalut ban 90/90, sementara belakang memakai pelek 10 inci dengan ban 100/90.

Motor listrik bertipe in-wheel brushless motor yang melekat di roda belakang dikatakan mampu memproduksi tenaga 1,7 kW atau setara 2,2 hp.

Sedangkan torsi yang dihasilkan terbilang besar, mencapai 90 Nm.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika dikendarai. It's not about the miles per gallon, but it's about the smiles per gallon

Related Posts