Hasil Tes Lengkap Konsumsi BBM Toyota Raize 1.0 Turbo, Penasaran?
Hasil pengujian konsumsi BBM Toyota Raize 1.0 Turbo yang kami lakukan beberapa waktu lalu bisa dibilang cukup impresif alias tergolong irit.
Menurut kami, Toyota Raize merupakan mobil yang mengisi segmen ‘tidak jelas’. Jika disebut mengisi compact SUV di pasar Indonesia, rasanya hal tersebut kurang tepat.
Pasalnya, compact SUV yang ada di Indonesia diisi oleh beberapa model seperti Honda HR-V, MG ZS, Hyundai Creta, Mazda CX-3, Nissan Juke, dan Kia Seltos.
Sementara itu, Toyota Raize memiliki spesifikasi di bawah beberapa model yang sudah kami sebutkan di atas. Sehingga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky lebih layak dimasukkan ke dalam segmen mobil di bawah SUV compact.
Bisa dikatakan Toyota Raize ini sebenarnya mengisi segmen mini SUV yang ada di Tanah Air.
Lalu, apa saja model yang menjadi kompetitornya secara langsung?
Beberapa model yang menjadi lawan sepadan di antaranya seperti Kia Sonet, Nissan Magnite, dan Renault Kiger. Hayooo, mungkin Carmudian hampir lupa dengan 3 mobil yang baru kami sebutkan, ya? Hehe …
Isi Konten
Dimensi Toyota Raize
Toyota Raize 1.0 Turbo pertama kali meluncur di Indonesia pada 30 April 2021 silam bersama Daihatsu Rocky. Kedua mobil tersebut diproduksi di pabrik milik Astra Daihatsu Motor (ADM) dan dijual di beberapa negara juga.
Secara dimensi, baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky tidak ada perbedaan signifikan di antara keduanya.
Dimensi Toyota Raize |
Dimensi Daihatsu Rocky |
||
Panjang | 4.030 mm | Panjang | 4.030 mm |
Lebar | 1.710 mm | Lebar | 1.710 mm |
Tinggi | 1.635 mm | Tinggi | 1.635 mm |
Jarak sumbu roda | 2.525 mm | Jarak sumbu roda | 2.525 mm |
Jarak terendah | 200 mm | Jarak terendah | 200 mm |
Spesifikasi Mesin Toyota Raize
Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa yang membuat konsumsi BBM Toyota Raize ini cukup irit? Bagaimana spesifikasi mesin yang diusungnya?
Di Indonesia Toyota memberikan 2 pilihan mesin. Mesin pertama berkapasitas 998 cc, 3 silinder, 12 valve, DOHC, VVT-i, turbocharge dengan kode 1KR-VET.
Sedangkan mesin yang kedua berkapasitas 1.198 cc, 3 silinder, 12 valve, DOHC, dual VVT-i dengan kode WA-VE. Keduanya dibekali penggerak roda depan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT.
Spesifikasi Mesin Toyota Raize 1.0 |
Spesifikasi Mesin Toyota Raize 1.2 |
||
Isi silinder | 998 cc | Isi silinder | 1.198 cc |
Konfigurasi mesin | 3 silinder, 12 valve, DOHC, VVT-i, turbocharge | Konfigurasi mesin | 3 silinder, 12 valve, DOHC, Dual VVT-i |
Kode mesin | 1KR-VET | Kode mesin | WA-VE |
Tenaga | 96,6 hp @6.000 rpm | Tenaga | 86,7 hp @6.000 rpm |
Torsi | 140 Nm @2.400-4.000 rpm | Torsi | 112,7 Nm @4.500 rpm |
Transmisi | Manual 5 percepatan dan otomatis CVT | Transmisi | Manual 5 percepatan dan otomatis CVT |
Kapasitas tangki | 36 liter | Kapasitas tangki | 36 liter |
Penggerak | Roda depan | Penggerak | Roda depan |
Walaupun kapasitas mesin WA-VE lebih besar, tetapi tenaga dan torsi yang dihasilkan lebih kecil dari versi mesin turbo 1KR-VET. Hal tersebut dikarenakan penggunaan turbo yang dinilai mampu mendongkrak tenaga agar menjadi lebih baik.
Tenaga yang lebih besar ini tentunya bisa menghasilkan konsumsi BBM yang lebih baik dari versi mesin 1.2. Sekarang kita bahas, berapa angka konsumsi BBM Toyota Raize 1.0 turbo ini ya?
Konsumsi BBM Toyota Raize 1.0 Turbo
Kami setuju jika konsumsi BBM Toyota Raize 1.0 Turbo disebut sangat irit. Pasalnya berdasarkan pengetesan yang dilakukan oleh Fransiskus Rosano, Reviewer Carmudi ternyata hasilnya benar-benar di luar dugaan.
Konsumsi BBM Toyota Raize ECO Driving
Pengujian konsumsi BBM Toyota Raize 1.0 Turbo pertama dilakukan dengan gaya berkendara ECO sejauh lebih kurang 20 km. Rute pengujian meliputi jalan tol dengan kecepatan maksimal di angka 90 km/jam.
Konsumsi BBM yang kami gunakan saat itu memakai bahan bakar dengan oktan 92. Ada yang bisa tebak berapa angka konsumsi BBM Toyota Raize 1.0 ini?
Reviewer kami berhasil mencatatkan angka konsumsi BBM di 1:23 km/liter. Artinya, angka ini benar-benar sangat baik untuk mobil dengan kapasitas mesin yang kecil.
Konsumsi BBM Toyota Raize Rute Kombinasi
Sementara itu angka konsumsi BBM Toyota Raize dengan rute kombinasi terbilang masih cukup wajar. Jarak tempuh yang dilakukan untuk pengujian ini lebih kurang mencapai angka 300 km.
Bahan bakarnya pun masih sama, memakai oktan 92 dengan rute tol, dalam kota, idle saat shooting, macet, dan tes akselerasi. Untuk pemakaian rute kombinasi, angkanya terbilang cukup.
Konsumsi BBM Toyota Raize Eco Driving |
Konsumsi BBM Toyota Raize Rute Kombinasi |
1: 23 km/liter | 1: 11,5 km/liter |
Pengujian dilakukan sejauh lebih kurang 20 km | Pengujian dilakukan sejauh 300 km |
Hanya di jalan tol | Rute jalan tol, dalam kota, macet, tes akselerasi, dan mesin idle saat shooting |
Data Akselerasi Toyota Raize 1.0 Turbo
Dengan angka konsumsi BBM di atas, bagaimana dengan akselerasi Toyota Raize 1.0 Turbo ini? Ternyata mobil kecil ini nggak ‘payah-payah amat’ kok.
Untuk berakslerasi dari diam hingga 60 km/jam membutuhkan waktu sekitar 4,4 detik. Sementara dari kecepatan 40 km/jam menuju 80 km/jam cukup membutuhkan waktu 3,6 detik.
Sedangkan untuk berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam membutuhkan waktu 9,6 detik dan 0 hingga 402 meter bisa diraih dengan waktu 17,8 detik.
Data Akselerasi Toyota Raize 1.0 Turbo |
|
0-60 km/jam | 4,4 detik |
40-80 km/jam | 3,6 detik |
0-100 km/jam | 9,6 detik |
0-402 meter | 17,8 detik |
Kecepatan maksimum | 135 km/jam * |
*hanya untuk keperluan pengetesan, tidak dianjurkan berkendara dengan kencang
Jika mengacu dari data di atas, antara performa mesin dan konsumsi BBM yang dihasilkan terbilang cukup. Artinya tidak terlalu boros dan tidak terlalu irit untuk digunakan dalam rute kombinasi seperti di Jakarta.
Namun jika digunakan dengan gaya berkendara ECO, rasanya mobil ini lumayan irit. Namun sekali lagi, hasil konsumsi BBM ini bisa berbeda-beda antara setiap orang.
Perbedaan gaya mengemudi, penggunaan bahan bakar, jarak dan rute yang dilalui, hingga beban yang setiap kali berkendara tentu akan sangat berbeda-beda.
Namun kami telah memberikan angka kisaran mengenai konsumsi BBM Toyota Raize 1.0 Turbo ini. Setidaknya data yang kami berikan bisa menjadi acuan boros atau tidaknya sebuah mobil.
Kalau menurut kami angka di atas rasanya masih cukup irit, kok. Gimana menurut Carmudian? Apakah mobil ini irit atau boros?
Simak juga video review Toyota Raize dari Carmudi berikut ini:
Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas