Reviews

Perbandingan Jetour Dashing Vs Para Kompetitornya: Unggul Banyak!

Perbandingan Jetour Dashing dengan para kompetitornya di segmen SUV kompak menarik untuk disimak lantaran predikatnya yang juga sebagai crossover mengusik hegemoni Honda HR-V dan kiprah Hyundai Creta di jagat otomotif Indonesia.

Segmen ini boleh dibilang semakin kompetitif seiring beralihnya selera pasar yang menghendaki karakter kendaraan lebih bernuansa adventure dan pilihannya pun semakin beragam.

Jetour Dashing (Foto: Jetour)

Sebagai pendatang baru, dilihat dari data di atas kertas, Jetour Dashing menarik menjadi alternatif yang menginginkan dimensi lebih besar dan tenaga lebih mumpuni dibandingkan dengan Honda HR-V atau Hyundai Creta.

Memang, dari segi merek dan pelayanan purnajual, Jetour baru seumur jagung ada di Tanah Air.

Namun, bila melihat perkembangan jenama asal China yang sudah lebih dulu bermain di Indonesia, sepertinya untuk memenuhi selera dan kebutuhan pasar hanya tinggal menunggu waktu.

Tapi, apakah mobil ini benar-benar lebih baik?

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Jetour Dashing: Lebih Masuk Akal daripada HR-V?

Tanpa berlama-lama, berikut ini ulasan tentang perbandingan Jetour Dashing dengan Honda HR-V serta Hyundai Creta sekaligus!

Desain Eksterior: Tampil Lebih Sporty dan Modern

Spesifikasi dan harga Jetour Dashing

Bicara soal desain, tentu saja ini akan berkaitan erat dengan seleras masyarakat yang berbeda-beda.

Namun, wujud luar atau desain eksterior Jetour Dashing yang lumayan sporty dan futuristis dibandingkan kompetitornya.

Nuansa futuristik dapat dilihat dari bentuk gril pada muka depannya.

Adapun bentuk lampu utama yang pipih dan tajam seperti pedang.

Dimensi yang Lebih Besar, Ground Clearance Lebih Tinggi

Salah satu keunggulan yang bisa di-highlight dari Jetour Dashing dibandingkan HR-V dan Creta adalah dimensinya.

Dengan panjang 4.590 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.685 mm, SUV ini lebih besar dibandingkan duo pesaingnya tersebut.

Ground clearance 210 mm juga memberikan keuntungan saat melewati jalanan dengan medan yang kurang rata.

Pelek Jetour Dashing berukuran 19 inci. (Foto:Carmudi/Santo)

Pelek 19 Inci

Berbeda dengan Honda HR-V yang menggunakan pelek 18 inci dan Hyundai Creta pakai 17 inci, Jetour Dashing tampil lebih gagah lantaran menggunakan pelek standar 19 inci.

Ukuran yang lebih besar tak hanya memberikan kesan kokoh tapi juga meningkatkan kestabilan saat manuvering.

Panoramic Sunroof Terbesar di Kelasnya

Jika Creta hanya memiliki sunroof biasa dan HR-V menawarkan panoramic sunroof standar, Jetour Dashing hadir dengan yang mereka sebut panoramic sky roof berukuran 75 inci.

Ukuran tersebut sekaligus menahbiskannya sebagai salah satu yang terbesar di kelasnya.

Baca Juga: Interior Honda HR-V Sarat Gaya dan Sporty, Lalu Apa Kekurangannya?

Interior dan Kenyamanan: Kabin Luas dengan Teknologi Canggih

Berkat ukuran dimensinya yang terbilang besar, berimbas pada kelapangan dalam kabin yang terasa luas.

Penyematan fitur-fitur dengan teknologi tercanggih di kelasnya pun semakin menambahn kelebihan dari Jetour Dashing pada sektor interior.

Kabin Jetour Dashing lebih lega ketimbang kompetitor. (Foto: Carmudi/Santo)

Kabin Lebih Lega

Dibandingkan kompetitornya, Jetour Dashing menawarkan ruang kabin lebih luas dengan kapasitas bagasi mencapai 488L. Headroom dan legroom yang lebih besar memberikan kenyamanan ekstra bagi pengemudi dan penumpang, terutama dalam perjalanan jauh.

Material Premium dan Kursi Ergonomis

Jetour Dashing menggunakan premium leather seats dengan electric lumbar support, memberikan kenyamanan maksimal selama berkendara. Kursi ini dirancang untuk menopang tubuh dengan baik, mengurangi kelelahan saat mengemudi dalam waktu lama.

Dual Bio Screens 10,25 Inci

Dibandingkan dengan HR-V dan Creta yang masih menggunakan layar 8 inci, Jetour Dashing menghadirkan pengalaman digital yang lebih modern dengan Smart Twin View berukuran 10,25 inci yang terintegrasi langsung dengan kemudi. Layar ini memungkinkan akses informasi kendaraan secara intuitif dan futuristik.

Wireless Charging Super Cepat

Jetour Dashing dilengkapi wireless charging 50W, jauh lebih cepat dibandingkan Hyundai Creta (15W), sementara Honda HR-V bahkan tidak memiliki fitur ini. Ini memudahkan pengguna untuk mengisi daya smartphone tanpa perlu ribet dengan kabel.

Performa dan Pengendalian: Lebih Bertenaga, Lebih Responsif

(Foto: JMI)

Di atas kertas, tenaga dan akselerasi Jetour unggul dibandingkan dua model lawannya. Penggunaan transmisi tipe dual clutch pun disinyalir akan memberikan percepatan yang responsif dan halus.

Transmisi DCT untuk Performa Lebih Halus

Jetour Dashing menggunakan 6-speed Dual Clutch Transmission (DCT) yang menawarkan perpindahan gigi lebih halus dan responsif dibandingkan Honda HR-V (CVT) dan Hyundai Creta (AT).

Akselerasi Lebih Cepat

Dalam hal akselerasi, Jetour Dashing mencatat waktu 0-100 km/jam dalam 10,5 detik, lebih cepat dibandingkan HR-V (13,6 detik) dan Creta (12 detik).

Teknologi dan Keamanan: Jetour Dashing Selangkah Lebih Maju

interior Jetour Dashing

Jetour Dashing dilengkapi dengan 540° Surround Vision Camera, yang lebih canggih dibandingkan sistem 360° Camera milik HR-V dan Creta.

Selain itu, hanya Jetour Dashing yang memiliki fitur 180° Transparent Territory, memungkinkan pengemudi melihat bagian bawah kendaraan untuk menghindari rintangan tersembunyi.

Advanced Driving Assistance System (ADAS)

Jetour Dashing menawarkan teknologi keselamatan lebih lengkap dengan fitur seperti:

  • Blind Spot Detection (BSD)
  • Door Open Warning (DOW)
  • Hill Start Assist (HHC) & Hill Descent Control (HDC)
  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA)

Fitur-fitur ini tidak hanya meningkatkan keamanan tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan percaya diri.

Harga Jetour Dashing

Jetour Dashing hadir dalam 2 varian, yakni Journey dan Inspira yang dibanderol dengan harga masih di kisaran Rp300 jutaan.

Berikut ini rincian harga varian Jetour Dashing OTR Jakarta:

  • Jetour Dashing Journey: Rp359,7 juta
  • Jetour Dashing Inspira: Rp390,7 juta

Kesimpulan

Dalam perbandingan secara keseluruhan, Jetour Dashing memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan Honda HR-V dan Hyundai Creta. Dengan desain lebih modern, fitur lebih canggih, performa lebih bertenaga, serta sistem keamanan yang lebih lengkap, SUV ini jelas memberikan nilai lebih tinggi di kelasnya.

Tabel Perbandingan Jetour Dashing Vs Honda HR-V dan Hyundai Creta

Fitur Jetour Dashing Honda HR-V Hyundai Creta
Dimensi (mm) 4590 x 1900 x 1685 4385 x 1790 x 1590 4315 x 1790 x 1630
Ground Clearance (mm) 210 196 200
Velg 19″ Sporty Alloy 18″ 17″
Sunroof Panoramic Standard Panoramic
Layar Infotainment 10.25″ 8″ 8″
Wireless Charging 50W No 15W
Suspensi Belakang Multi-link Torsion Beam Torsion Beam
Kamera 540° Yes No No
ADAS Lengkap Yes No No

Jadi, jika Anda mencari SUV dengan desain modern, fitur premium, serta performa yang lebih unggul, Jetour Dashing bisa menjadi pilihan terbaik di kelasnya.

Baca Juga: Kencan Singkat Bersama Jetour Dashing

FAQ

Berikut ini beberapa pertanyaan terkait topik serupa.

  • Apakah Jetour Dashing lebih baik dari Honda HR-V dan Hyundai Creta?

Dalam banyak aspek, Jetour Dashing memiliki keunggulan dibandingkan HR-V dan Creta, terutama dalam dimensi, fitur keselamatan, sistem infotainment, dan performa.

  • Apakah Jetour Dashing nyaman untuk perjalanan jauh?

Ya! Dengan kursi kulit premium, panoramic sunroof, suspensi multi-link, dan sistem hiburan canggih, SUV ini sangat nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

  • Bagaimana sistem keselamatan pada Jetour Dashing?

Jetour Dashing dilengkapi dengan ADAS (Advanced Driving Assistance System) yang lebih lengkap dibandingkan HR-V dan Creta, termasuk BSD, DOW, RCTA, dan lainnya.

  • Apakah Jetour Dashing cocok untuk jalanan di Indonesia?

Dengan ground clearance 210 mm, suspensi multi-link, serta fitur keselamatan canggih, Jetour Dashing sangat cocok untuk kondisi jalan di Indonesia, baik di perkotaan maupun medan lebih menantang.

Penulis: Dimas Hadi

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: dimas.hadi@icarasia.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *