Modifikasi

5 Modifikasi Suzuki Satria Fu: Bisa Jadi Inspirasi, Nih!

Modifikasi Suzuki Satria Fu. (Foto: tagarberita)

JakartaModifikasi Suzuki Satria Fu kerap dilakukan oleh para pemiliknya, baik tampilan hingga performa mesinnya agar lebih kencang lagi.

Meski pabrikan sudah mendesain Satria Fu dengan tampilan menarik, namun modifikasi menjadi hobi yang tidak pernah absen dilakukan oleh orang-orang kreatif di Indonesia agar penampilan motornya jadi lebih keren dibandingkan bawaan pabrik.

Para modifikator banyak melahirkan konsep yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Modifikasi paling sederhana yakni modifikasi stiker, di mana pengguna motor bisa menambahkan stiker-stiker yang keren di bagian motornya agar penampilan motor tersebut juga terlihat lebih berkarakter.

Modifikasi tidak hanya dilakukan pada motor tua saja, bahkan motor jaman sekarang pun jadi sasaran para modifikator.

Satria Fu merupakan salah satu ikon motor kencang di Indonesia. Jika melihat spesifikasi kaki-kakinya, motor tersebut dibekali pelek racing dengan ukuran ring 17 dan ban berukuran 70/90-17 38P di bagian depan serta 80/90-17 50P pada bagian belakang.

Kebanyakan saat ini, pengguna Satria Fu memodifikasi motornya dengan pelek ruji yang dibalut ban berukuran kecil dan tipis.

Carmudi telah rangkum beberapa modifikasi Suzuki Satria Fu yang dilansir dari berbagai sumber dan bisa dicoba oleh para pengguna motor ini sebagai berikut.

Baca Juga:

Modifikasi Suzuki Satria Fu

Modifikasi Suzuki Satria Fu Simple

Modifikasi Suzuki Satria Fu yang simple atau sederhana, yaitu hanya mengubah posisi ban dan suspensi di bagian belakang jadi lebih tinggi sedikit dari posisi awal.

Modifikasi ini akan membuat motor tersebut terlihat lebih tinggi pada bagian belakang. Banyak yang menilai tampilannya seperti seekor ayam jago sedang ingin menerkam lawan atau mangsanya.

Selain itu, pengguna Satria Fu yang ingin memodifikasi motornya dengan model simple bisa juga menambah aksesoris motor atau mengganti peleknya dengan pelek ruji sehingga membuat tampilan motor ini lebih tangguh.

Tidak hanya itu, dengan modifikasi tersebut, membuat eksterior Satria Fu jadi terlihat lebih elegan.

Pengguna Suzuki Satria Fu yang memilih modifikasi simple ini tidak perlu khawatir jika tidak ingin karakter asli motornya hilang karena hanya dilakukan sedikit pembaruan.

Modifikasi Suzuki Satria Fu Road Race

Modifikasi model road race. (Foto: motorplus)

Modifikasi kedua Suzuki Satria Fu adalah model road race yang mengusung gaya motor balap. Memodifikasi motor tersebut dengan konsep motor balap dinilai dapat membuat penampilan motor ini jadi sangat gagah.

Ditambah, knalpot yang digunakan adalah jenis knalpot balapan. Selain itu, bagian suspensi juga turut dimodifikasi agar pengemudi Satria Fu dapat sedikit membungkuk seperti sedang balapan saat berkendara dengan motornya ini.

Tidak ketinggalan, pijakan kaki serta persenelingnya bisa diganti dengan model underbone yang diklaim dapat memberikan kenyamanan secara maksimal bagi pengguna saat motornya digeber.

Di bagian belakang, spakbor bisa dilepas agar tampilan Suzuki Satria Fu benar-benar terlihat seperti motor balap. Selain itu, juga bisa mengganti ban motor tersebut dengan ukuran lebih besar.

Sebagai informasi, motor balap biasanya menggunakan pelek yang dilengkapi ban berukuran besar agar bisa melesat dengan kecepatan tinggi.

Modifikasi Full Air Brush

Modifikasi full air brush. (Foto: otomotifnet.gridoto)

Modifikasi selanjutnya adalah modifikasi Suzuki Satria Fu yang terbilang cukup ekstrim, dimana penampilan motor tersebut diubah secara total.

Modifikasi ini mengusung desain dimana modifikatornya terlihat seperti sedang melukis motor. Untuk biayanya sendiri, tentu lebih besar dibandingkan dengan modifikasi model simple atau hanya memakai stiker.

Selain membutuhkan ketelatenan dan fokus yang tinggi untuk membuat gambar-gambar pada bodi motor, pengguna Satria Fu yang memilih modifikasi ini juga harus kreatif dan memiliki imajinasi tinggi sehingga dapat membuat modifikasinya berhasil serta tampilan motornya jadi lebih indah.

Modifikasi Suzuki Satria Fu Model Pelek Jari-Jari

Bagi yang memilih modifikasi ini, Satria Fu yang dimodifikasi harus ditambahkan beberapa aksesoris agar penampilan motornya jadi lebih keren.

Selain itu, pelek jarinya dilapisi dengan ban berukuran kecil untuk menambah kesan ganteng pada motor ini, serta bagian suspensinya diganti dengan suspensi berwarna kuning tembaga sehingga terkesan lebih modern dan kekinian.

Di sisi lain, rem cakramnya juga diganti dengan rem cakram yang memiliki bentuk lebih bagus dan berukuran lebih besar sehingga memberikan kesan mewah.

Tidak ketinggalan, jok motor tersebut juga dibuat miring, sedangkan untuk knalpot, bebas memilih yang model standar atau racing.

Modifikasi Model Drag Race

Modifikasi drag race. (Foto: republika)

Modifikasi terakhir yaitu merubah model Suzuki Satria Fu menjadi motor drag race. Bagi yang tertarik dengan modifikasi ini, sebaiknya menyiapkan bujet banyak.

Hal ini disebabkan biayanya termasuk besar untuk mendesain kerangka motor dan mengganti mesin yang dapat membuat motornya dapat melesat dengan kecepatan lebih tinggi.

Tidak hanya itu saja, Satria Fu juga harus diganti semua bodinya hingga hanya tersisa kerangka dan mesin motornya saja.

Mengenal Spesifikasi Suzuki Satria Fu

Suzuki Satria FU150

All New Suzuki Satria FU150 kini hadir dengan 5 warna baru pada varian standard. (Foto: Carmudi Indonesia/Zie)

Staria Fu merupakan sebutan untuk Suzuki All New Satria F150. Motor ini diminati banyak kawula muda. Dari segi dimensi, Satria F150 terbaru memiliki panjang 1.960 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 980 mm, sehingga menjadi motor yang paling ramping di kelasnya.

Selain itu, motor ini mempunyai bobot yang cukup ringan, yakni berkisar 109 kg.

Desainnya yang dinamis dan ramping membuat Satria F150 terbaru mudah dibawa berkendara dan diajak bermanuver. Motor tersebut juga terlihat futuristik dan sporty dengan mengusung desain bodi aerodinamis.

Jika melihat desainnya, Satria F150 terbaru memang terlihat bergaya. Dengan adanya batok lampu dengan sudut kaku, motor ini jadi terlihat lebih futuristik.

Pada bagian samping, mirip motor half fairing dengan memiliki bentuk memanjang sampai cover mesin pada bagian bawah, sedangkan di bagian belakang, terlihat seperti motor sport karena terdapat sepatbor yang didesain dengan model bisa dilepas.

Di sisi lain, Satria F150 terbaru masih mempertahankan mesin berkapasitas 150 cc, DOHC. Untuk transmisinya sendiri, mengandalkan transmisi manual 6-percepatan.

Agar performa mesinnya bisa lebih gahar, pihak Suzuki telah menyematkan Dual Spray Injector pada motornya ini untuk menyalurkan bensin ke ruang bakar dengan lebih baik.

Tidak hanya itu saja, Satria F150 terbaru sudah mengandalkan sasis model tin spar seperti yang dimiliki motor sport, tapi dengan ukuran kompak dan bobot lebih ringan.

Tidak ketinggalan, motor tersebut sudah dibekali dengan berbagai fitur modern, mulai dari konsol meter full digital, LED lamp, shuttered key, hingga komponen elektronik yang kekinian.

Suzuki Satria F150 terbaru ini diklaim sudah diberikan tingkat pengendalian atau handling yang lebih mumpuni dibandingkan model sebelumnya.

Selain itu, posisi berkendara di motor ini dibuat lebih nyaman agar pengemudi dapat mengontrol motornya secara maksimal. Jika dibandingkan dengan versi karburator, Satria F150 terbaru memiliki handling yang lebih baik, bahkan di kelasnya.

FAQ

  • Berapa biaya modifikasi Suzuki Satria Fu?

Biaya modifikasi Suzuki Satria Fu bisa bervariasi tergantung dengan jenis modifikasinya, mulai dari Rp175 ribuan hingga Rp130 jutaan.

  • Berapa harga pasaran Suzuki Satria Fu?

Harga motor Suzuki Satria Fu bekas per tahun 2024 berada di kisaran harga mulai Rp9 jutaan hingga Rp14,6 jutaan.

  • Berapa top speed Suzuki Satria Fu?

Suzuki Satria Fu bisa melesat dengan top speed (kecepatan maksimal) hingga 135 km/jam.

  • Berapa cc mesin Suzuki Satria Fu?

Motor Suzuki Satria Fu menggunakan mesin dengan kapasitas 150 cc.

  • Berapa kapasitas tangki bensin Suzuki Satria Fu?

Motor Suzuki Satria Fu memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 4,9 liter.

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts