Sumber informasi

5 Jenis Transmisi Mobil, Kenali Juga Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis transmisi mobil semakin beragam seiring perkembangan teknologi dan inovasi pada mobil itu sendiri. Berbagai pabrikan otomotif terus berlomba untuk membuat inovasi agar mobil mereka menjadi yang terdepan. 

Transmisi mobil juga punya peran penting dalam memberikan kenyamanan berkendara. Selain itu, transmisi juga berkontribusi dalam konsumsi bahan bakar yang efisien.

jenis transmisi mobil

Transmisi mobil manual.

Umumnya, orang hanya mengetahui dua jenis transmisi mobil, yaitu transmisi manual dan otomatis. Padahal sebenarnya masih ada beberapa jenis transmisi lainnya.

Nah, berikut ini Carmudi akan coba memberikan informasi mengenai jenis transmisi pada mobil serta apa saja kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Fungsi Transmisi Mobil

Sebelum mengetahui jenisnya, pahami dulu tentang fungsi dari transmisi mobil. Girbok atau transmisi pada mobil sejatinya memiliki fungsi untuk memindahkan tenaga yang dihasilkan mesin. 

Tetapi sebenarnya tak hanya itu saja. Ada beberapa fungsi dari transmisi, salah satunya adalah untuk transfer tenaga mesin sehingga mobil bisa bergerak maju dan mundur. 

jenis transmisi mobil

Manfaat kedua dari transmisi tentunya mampu membuat mesin mobil hidup walaupun posisinya netral atau parkir. 

Fungsi lain yang wajib diketahui adalah mengubah energi yang dihasilkan mesin sesuai kebutuhan. Misalnya Carmudian ingin menambah kecepatan, otomatis akan memindahkan gigi untuk pindah ke 2, 3, 4, dan seterusnya. 

Walaupun mobil itu memakai transmisi otomatis sekalipun, tetap bisa dipindahkan giginya. Ini menjadi fungsi transmisi yang sebenarnya jarang diketahui oleh banyak orang. 

Jenis Transmisi Mobil

Transmisi Manual

Jenis transmisi pertama yang ada adalah manual. Transmisi mobil manual bisa dibilang jadi salah satu yang terfavorit, bahkan bagi banyak orang di dunia. 

Transmisi mobil manual punya sistem yang diatur oleh pengendara itu sendiri. Jadi perpindahan gigi tidak diatur oleh komputer, melainkan pengendara itu sendiri. 

Mau memulai dari gigi berapapun, itu pilihan dari pengendara. Transmisi manual juga punya komponen yang cukup simpel. 

Mengendarai mobil di jalan menanjak

Posisi transmisi di gigi rendah jika akan melewati jalan menanjak (Foto: Ilustrasi)

Sampai detik ini masih banyak orang yang membeli mobil manual.

Kelebihan Transmisi Manual

  • Harga mobil dengan transmisi manual lebih murah
  • Perawatan lebih mudah
  • Biaya perawatan cenderung terjangkau
  • Punya sensasi lebih sporty

Kekurangan Transmisi Manual

  • Penggunaan kurang simpel karena harus injak kopling
  • Butuh penyesuaian atau pengalaman berkendara untuk melibas medan ekstrem atau tanjakan
  • Di kondisi lalu lintas macet kaki pengemudi bisa lebih cepat pegal
  • Tidak bisa diinjak terus menerus atau bermain setengah kopling

Transmisi Otomatis Konvensional

Jenis kedua adalah transmisi otomatis dengan model konvensional. Transmisi jenis ini cara kerjanya masih memakai torque converter. 

Tenaga mekanik yang dihasilkan oleh mesin akan diubah menjadi energi kinetik. Torque converter inilah yang nantinya akan menyalurkan energi ke driveshaft.

Transmisi AT dengan torque converter juga sama seperti manual. Sudah ada sejak lama di dunia otomotif dan dinilai menjadi salah satu transmisi yang cukup favorit.

jenis transmisi mobil

Ilustrasi (Foto: Ombro)

Kelebihan Transmisi Otomatis Konvensional

  • Cukup responsif 
  • Bisa lebih membantu performa mobil
  • Penggunaan lebih simpel

Kekurangan Transmisi Otomatis Konvensional

  • Konsumsi bahan bakar lebih boros
  • Model sudah ketinggalan zaman
  • Butuh perawatan yang lebih terutama oli matik

Transmisi Otomatis CVT

Lalu ada juga transmisi otomatis dengan nama Continuous Variable Transmission (CVT). Transmisi jenis ini menggunakan pulley dan memang lebih fokus kepada konsumsi bahan bakar.

Transmisi matik CVT biasanya terdapat sepasang pulley yang mengikuti putaran mesin mobil. Pulley ini disambungkan dengan sabuk baja untuk menggerakkan. 

Transmisi CVT pun kini semakin populer sebab konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh mobil bisa lebih baik dibanding torque converter. 

Transmisi CVT pada Outlander Sport. Foto: (MMKSI)

Kelebihan Transmisi Otomatis CVT

  • Perpindahan gigi lebih halus dibanding transmisi matik lain
  • Lebih nyaman digunakan
  • Suara mesin tidak bising
  • Konsumsi bahan bakar lebih irit
  • Putaran mesin bisa terjaga dengan baik

Kekurangan Transmisi Otomatis CVT

  • Lemot saat dikendarai
  • Tidak cocok bagi mereka yang suka ugal-ugalan
  • Penggantian oli wajib dilakukan berkala
  • Kurang oke saat mobil melewati tanjakan tajam

Transmisi Dual Clutch (DCT)

Jenis transmisi mobil lain adalah dual clutch transmission atau DCT. Transmisi jenis ini merupakan transmisi manual yang diotomatisasi.

Sesuai namanya, DCT merupakan jenis transmisi yang menggunakan dua unit kopling ganda. Komputer atau ECU lah yang nantinya mengendalikan langsung perpindahan gigi.

Kedua kopling ini juga bertanggung jawab atas gigi yang berbeda. Satu untuk gigi ganjil dan satunya lagi untuk gigi genap sehingga perpindahan bisa lebih sigap.

Di Indonesia, jenis transmisi DCT memang cukup jarang ditemukan dan kurang disukai. Biasanya mobil yang memakai transmisi DCT adalah mobil-mobil pabrikan asal Eropa.

jenis transmisi mobil

Transmisi Dual Clutch Masih Digunakan Sebagian Kecil Pabrikan Mobil (Foto: Paultan)

Kelebihan Transmisi DCT

  • Akselerasi responsif ala mobil sport
  • Nikmat dikendarai untuk ugal-ugalan
  • Meningkatkan performa mobil
  • Perpindahan gigi cepat

Kekurangan Transmisi DCT

  • Bobot transmisi cukup berat
  • Jika rusak biaya perbaikan bisa sangat besar
  • Kurang nyaman jika dipakai di kemacetan

Transmisi AMT

Lalu jenis transmisi lainnya ada Automated Manual Transmission (AMT) yang bisa dibilang kembali dipopulerkan oleh Suzuki Ignis beberapa tahun lalu. 

Transmisi jenis ini sebenarnya menggunakan model manual yang dibekali dengan kopling kering dengan pergerakan kopling yang bekerja otomatis.

Sayangnya, banyak orang Indonesia tidak famliar dengan transmisi satu ini sehingga banyak orang merasa jika perpindahan gigi AMT terasa aneh.

Padahal hanya karena belum terbiasa saja. 

Kelebihan Transmisi AMT

  • Harga transmisi tidak mahal
  • Dimensi tidak terlalu besar
  • Responsif untuk digunakan di perkotaan
  • Bisa memakai mode manual
  • Biaya perbaikan murah

Kekurangan Transmisi AMT

  • Delay saat pergantian gigi
  • Kurang nyaman saat melewati kemacetan
  • Cenderung tidak bisa mengeluarkan tenaga mobil

Jenis transmisi mobil yang sudah disebutkan di atas merupakan yang mudah ditemui di Indonesia. Dari seluruh jenis di atas, mana transmisi mobil favorit kamu Carmudian?

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika dikendarai. It's not about the miles per gallon, but it's about the smiles per gallon

Related Posts